WHO: Suntikan Dosis Ketiga Vaksin Covid-19 Tidak Perlu
berita
Sumber Foto : Antara Foto/ Umarul Faruq
14 September 2021 20:00
Watyutink.com – Peneliti WHO Ana-Maria Henao-Restrepo menyatakan, meskipun adanya ancaman dari varian Delta, "dosis tambahan untuk masyarakat umum tidak tepat di masa pandemi ini."

Vaksin disebut sudah cukup efektif dalam mencegah kasus Covid-19 yang parah sehingga masyarakat umum tidak perlu diberikan dosis ketiga.

"Secara keseluruhan, penelitianyang tersedia saat ini tidak memberikan bukti yang terpercaya mengenai penurunan perlindungan melawan penyakit parah, yang merupakan tujuan utama dari vaksinasi," jelas Ana-Maria Henao-Restrepo, dari WHO, dikutip dari AFP, Selasa (14/9/2021).

Dia menjelaskan dosis vaksin harus diprioritaskan untuk orang-orang di seluruh dunia yang masih menunggu untuk divaksinasi.

Negara seperti Prancis telah memberikan suntikan dosis ketiga untuk lansia dan orang-orang yang sistem kekebalan tubuhnya bermasalah. Sementara itu Israel memberikan dosis ketiga untuk anak-anak 12 tahun dan lansia setelah lima bulan menerima dosis kedua.

Sebelumnya, Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus meminta sejumlah negara menunda pemberian dosis ketiga sampai akhir tahun ini, mendesak seluruh negara untuk memvaksinasi setidaknya 10 persen dari populasi mereka di akhir bulan ini, dan setidaknya 40 persen di akhir tahun ini.

Yah, sebenarnya vaksin dosis dua saja dulu dimeratakan jika memang tidak mendesak diberikan dosis ketiga.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF