Virus Corona Telah Bunuh 2.009 Orang Termasuk Direktur Rumah Sakit Wuhan
berita

19 February 2020 13:00
Watyutink.com – Otoritas kesehatan Provinsi Hubei, China melaporkan hingga Rabu (19/2/2020) korban meninggal dunia akibat virus corona mencapai 2.009 orang. Sebagian besar adalah korban meninggal adalah warga Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China yang mencapai lebih dari 132 orang. Sedangkan sisanya adalah warga negara China dari kota-kota lain.

Di luar China, dilaporkan korban meninggal dunia juga berasal dari Hong Kong, Taiwan, Jepang, Filipina, dan Perancis.

Dilansir dari AFP, otoritas kesehatan Hubei menyebut ada 1.693 kasus penularan baru. Hal ini menjadikan total penyebaran virus corona di China daratan sudah melebihi 74.000 orang. Sedangkan di seluruh dunia, virus penyakit mematikan itu telah menginfeksi 75.213 orang.

Salah satu korban meninggal adalah Direktur Rumah Sakit Wuchang, Wuhan dr Liu Zhiming. Dilansir dari Reuters, Liu meninggal pada Selasa (18/2/2020) pukul 10.30 waktu setempat. Liu meninggal setelah sempat dirawat oleh tim medis Peking Union Medical College Hospital yang dikirimkan ke Wuhan. Liu dikabarkan tidak mampu melewati masa kritis dan akhirnya nyawanya tidak bisa diselamatkan.

Sebelumnya, otoritas kesehatan Hubei sempat membantah kabar meninggalnya Liu. Otoritas kesehatan Hubei hanya mengatakan Liu sedang dalam perawatan intensif telah terinfeksi virus corona. Namun dipastikan Liu telah melewati masa kritis.

Sementara itu Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia mengonfirmasi empat orang warga negara Indonesia (WNI) telah terinfeksi virus corona. Satu orang terinfeksi di Singapura dan tiga lainnya terjangkit virus corona saat berada di Jepang. Saat ini para WNI yang berprofesi sebagai awak kapal pesiar itu tengah menjalani karantina di Yokohama, Jepang.

Semakin mengkhawatirkan!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)