Viral, Kakek La Ode Resmi Raih Gelar Sarjana Sastra Indonesia di Usia 85 Tahun
berita
Sumber Foto : inews.id
19 November 2019 15:27
Watyutink.com – Kakek La Ode Muhamad Sidik (85) resmi meraih gelar sarjana Sastra Indonesia setelah tujuh tahun kuliah di Universitas Muhammadyah Buton pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dalam Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Lebih hebatnya lagi, Kakek La Ode mampu menyelesaikan studi Strata-1 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,5.  

Kakek yang tinggal di Kelurahan Wameo, Kecamatan Batuporao, Kota Bau-bau, Sulawesi Tenggara ini, masuk kuliah pada tahun 2012, kala itu ia berusia 78 tahun. Selama tujuh tahun, La Ode kuliah bersama dengan mahasiswa lain yang usianya terpaut sangat jauh darinya. Bahkan salah satu dosennya merupakan anak didiknya dulu.

Baca Juga

Semangat untuk melanjutkan kuliah berasal dari anak sulungnya yang sudah meninggal. Sang anak berpesan agar jangan puas dengan diploma tiga. “Motivasi saya kuliah karena anak-anak saya. Anak saya yang pertama almarhum yang mengatakan jangan sampai diploma tiga. Saya bilang bisa saja asal diterima, jadi anak saya yang mengurusnya,” cerita Kakek La Ode, Senin (18/11/2019).

Sementara itu, putri kedua Kakek La Ode Wa Ode Ronawati mengaku, bangga atas keberhasilan sang ayah yang mampu menyelesaikan kuliahnya meskipun di usia senja. Selain itu, keberhasilan sang ayah dijadikan Wa Ode sebagai motivasi dirinya dan keluarganya untuk terus melanjutkan pendidikan.

Diketahui, Saat wisuda, Kakek La Ode telah memiliki 15 cucu serta tiga cicit.

Bagi yang males sekolah, malulah sama kakek La Ode. Usia bukan jadi hambatan untuk terus belajar!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Teguh Santoso, S.E., M.Sc.

Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad, Peneliti Center for Economics and Development Studies

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir