Terbukti Beri Suap, Bupati Jepara Divonis 3 Tahun
berita
Sumber Foto : merdeka.com
03 September 2019 15:40
Watyutink.com - Ahmad Marzuqi, Bupati Jepara nonaktif, divonis 3 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Semarang, Selasa (3/9/2019). Selain hukuman badan, Marzuqi juda didenda Rp400 juta subsider kurungan 3 bulan penjara.

Dalam putusannya, majelis hakim menyatakan Marzuki terbukti memberi suap sebesar Rp500 juta dan 16 ribu dolar AS kepada hakim Lasito. Pemberian suap ini agar Lasito membatalkan status tersangka Marzuqi terkait kasus korupsi dana bantuan parpol Kabupaten Jepara 2011-2014 dalam gugatan praperadilan pada 2017 lalu.

Lebih lanjut, majelis hakim menyatakan bahwa Marzuqi telah melanggar Pasal 6 ayat 1 huruf a atau Pasal 5 ayat 1 huruf a UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Majelis hakim terlalu “baik”, hukumannya belum maksimal sebagaimana diatur dalam UU Tipikor!

Tetaplah Kritis Membaca Berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Eko Listiyanto

Peneliti INDEF (Institute for Development of Economics and Finance)

FOLLOW US

Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas