Tampilkan Ketupat di Meja Makan, Video Ucapan Selamat Idul Fitri Jokowi Tuai Kritikan
berita
Sumber Foto: Instagram Presiden Jokowi @jokowi
25 May 2020 14:35
Watyutink.com - Video ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuai kritikan. Pasalnya video yang diunggah di akun twitter resmi Jokowi, @jokowi pada Sabtu (23/5/2020) turut menampilkan aneka makanan seperti ketupat. Makanan tersebut terlihat disajikan di atas maja tempat Jokowi dan ibi negara Iriana menyampaikan ucapan.

Pakar telematika Roy Suryo melalui cuitan di akun twitternya @KRMTRoySuryo2 mengatakan video tersebut sebenarnya cukup bagus. Terlebih diawali dengan Bird-eye-View drone sampai dengan masuk ke ruangan. Tampilan suasana Istana Bogor yang asri dengan kumpulan rusa menambah indah video tersebut.

Namun, dalam cuitan yang diunggah pada Minggu (24/5/2020) itu Roy mempertanyakan hidangan ketupat di atas meja. Pasalnya syuting video tersebut diyakini dilakukan saat masih berada di bulan Ramadhan. Seharusnya saat itu Jokowi dan Iriana masih berpuasa. Mantan Menteri Pemuda dan Olat Raga (Menpora) ini berharap ketupat dan makanan itu hanyalah properti atau asesoris syuting saja.

Beberapa warganet langsung memberikan tanggapan terhadap cuitan mantan Politisi Partai Demokrat ini. Pemilik akun @Di_Wangsa69 mengatakan pengamatan Roy sangat jitu. Ia pun mempertanyakan masa sih nggak puasa?

Sedangkan pemilik akun @ibnu123123 meminta publik percaya jika Jokowi dan Iriana masih berpuasa. Ia meminta hal itu tidak dipertanyakan. Pemilik akun @ramjid_asgal justru menduga syuting video tersebut dilakukan tahun lalu dan baru ditayangkan saat ini.

Sebelumnya, Roy Suryo juga mengkritik postingan Jokowi di akun twitternya. Dalam cuitan yang diunggahpada Selasa (19/5/2020) itu Jokowi menuliskan "Kunci keberhasilan pengendalian penyebaran Covid-19 adalah kedisiplinan kita. Disiplin untuk mencuci tangan, menjaga jarak, mengenakan masker, dan menghindari keramaian."

Cuitan itu juga menampilkan gambar orang sedang sholat. Roy dan beberapa warganet menilai orang sholat dalam gambar itu salah kiblat. Pasalnya terlihat sinar yang berasal dari jendela disamping orang tersebut. Roy menilai jika arah kiblatnya benar, seharusnya orang tersebut menghadap atau membelakangi cahaya. Pasalnya Ka'bah yang menjadi kiblat sholat umat Islam berada di sebelah barat atau searah dengan. matahari.

Tim kreatif istana harus lebih teliti!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF