Tak Perlu Ributkan Kudeta, Pengamat Sebut Seharusnya PDIP Khawatir Jokowi Bakal Ambil Alih Partai
berita
Sumber Foto : rmoljatim.id
27 October 2020 13:47
Watyutink.com – Aktivis Perhimpunan Masyarakat Madani, Sya’roni menyatakan saat ini posisi pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah sangat kuat. Sehingga tidak perlu ada kekhawatiran munculnya gerakan penggulingan kekuasaan atau kudeta. Sya’roni menilai hal itu tidak akan mungkin terjadi.

Saat berbicara dengan awak media, Senin 26 Oktober 2020, Sya’roni menyamakan posisi Jokowi saat ini dengan Bung Karno di era Orde Lama dan Pak Harto di masa Orde Baru. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu saat ini sangat super power. Bahkan menurut Sya’roni pemerintahan Jokowi saat ini adalah yang terkuat pasca reformasi tahun 1998.

Hal ini terlihat dengan begitu mulusnya para petugas partai PDIP melahirkan Undang-Undang (UU) Covid-19 dan Omnibus Law UU Cipta Kerja (UU Ciptaker). Sya’roni melihat saat ini belum ada kekuatan politik yang mampu mengimbangi Jokowi. Kelompok manapun yang terlihat tanda-tanda bakal melawan akan langsung dibungkam.

Itulah sebabnya kekhawatiran PDIP akan adanya kudeta sangat tidak berasalan. Sehingga partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu tidak perlu menributkan masa depan pemerintahan Jokowi yang sudah sangat kuat. Seharusnya menurut Sya’roni PDIP lebih khawatir dengan kemungkinan Jokowi memimpin suksesi di internal partai berlogo banteng moncong putih itu.

Sebelumnya politikus PDIP, Darmadi Durianto meminta Jokowi mewaspadai manuver beberapa menteri kabinet. Darmadi menuding manuver tersebut dilakukan terkait dengan persiapan menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Bahkan Darmadi meminta Jokowi tidak ragu mencopot menteri-menteri tersebut. Namun anggota Komisi VI DPR RI itu tidak menjelaskan secara rinci nama-nama menteri yang dimaksudnya.

Saat berbicara, Sabtu 24 Oktober 2020, Darmadi menambahkan manuver politik para menteri itu bisa menggerogoti pemerintatah. Mereka berpotensi menelikung di tengah jalan untuk mengambil kekuasaan. Darmadi pun mengingatkan sejarah perjalanan bangsa yang pernah diwarnai dengan peristiwa kudeta.

Ingat sejarah, sekuat apa pun Bung Karno dan Pak Harto akhirnya jatuh juga!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

Revolusi Akhlak Kiai Juned

25 November 2020

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF