Sudah Kantongi Aktor Kerusuhan Papua, BIN Tetap Bertindak Hati-hati
berita
Sumber Foto : kabar24.bisnis.com
21 August 2019 17:16
Watyutink.com – Juru bicara Badan Intelejen Negara (BIN) Wawan Purwanto mengatakan pihaknya sudah mengetahui aktor dibalik aksi massa di Papua dan Papua Barat yang menimbulkan kerusuhan. Wawan menambahkan, pada aktor itu diketahui setelah BIN melakukan pemetaan.

Dikutib dari CNN Indonesia pada Rabu (21/8/2019) Wawan menyatakan dari hasil pemetaan bisa diketahui siapa yang bermain dan siapa yang menjadi aktornya. Namun Wawan enggan menjelaskan secara rinci siapa aktor tersebut. Meski demikian Wawan memastikan BIN telah melakukan sejumlah langkah antisipasi agar ketegangan di Papua dan Papua Barat segera reda.

Wawan memaparkan, sedari awal BIN telah mendeteksi adanya potensi kekrushan di kedua provinsi paling timur di Indonesia itu. Pasalnya gejala-gejala terjadinya kerusuhan sudah tampak. Namun BIN tidak mau bergerak secara gegabah, baik dalam mengeluarkan statemen maupun langkah hukum. Terlebih kondisi di wilayah tersebut memiliki sensivitas.

Kehati-hatian juga perlu diperhatikan. Pasalnya persoalan yang terkait dengan suku agama ras dan antas golongan sangat cepat menjalar. Jika tidak berhati-hati, apalagi membuat komentar ‘panas’ dikhawatirkan bisa membuat interpretasi yang bermacam-macam dan berpotensi menimbulkan kesalahpahaman.

BIN menurut Wawan, telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait guna menangani kerusuhan di Papua dan Papua Barat.

Ya kalau sudah tahu seharunya segera ditangkap, biar tidak semakin meresahkan.

Tetaplah kritis membaca berita!

(cp)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR TERPRODUKTIF

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

Riza Annisa Pujarama

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Robin, S.Pi., M.Si.

Dosen Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Kandidat Doktor IPB, Tenaga Ahli Komisi IV DPR-RI

FOLLOW US

Revisi UU KPK, Ancaman Terhadap Demokratisasi oleh Oligarki Predatoris             Presiden sedang Menggali Kuburnya Sendiri             Duet Tango DPR & KPK             Utamakan Tafsir Moral ketimbang Tafsir Hukum dan Ekonomi             Langkah Menkeu Sudah Benar dan Fokuskan pada SKM 1             Industri Rokok Harus Tumbuh atau Dibiarkan Melandai             Perizinan Teknis Masih Kewenangan Daerah             Kiat Khusus Pangkas Birokrasi Perizinan di Indonesia             Politik Etika vs Politik Ekstasi              Kebutuhan Utama : Perbaiki Partai Politik