Sri Mulyani Bilang Vaksin Corona Bisa Sebabkan Krisis Moral
berita
Sumber Foto : Antara Foto
20 January 2021 19:30
Watyutink.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakann vaksin corona berpotensi menimbulkan krisis moral. Hal tersebut sesuai dengan pesan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenai vaksin covid-19.

"Dirjen WHO, pimpinan WHO menyampaikan masalah vaksin bisa jadi persoalan, di mana negara miskin mungkin tidak dapatkan dan mereka sampai gunakan kata tajam, menyebutkan masalah vaksin bisa jadi krisis moral dunia," ujarnya Selasa (19/1/2020).

Krisis moral tersebut disebabkan oleh ketimpangan negara kaya dan negara miskin terhadap akses kepada vaksin virus corona.

Sejumlah negara kaya, kata dia, leluasa memesan vaksin corona, lantas memberikan vaksin corona kepada seluruh masyarakat dari segala usia. Sebaliknya, negara miskin memiliki keterbatasan dari sisi pendanaan untuk menjalankan program vaksinasinya.

"Padahal seharusnya dalam vaksinasi global ada prioritas. Sementara negara miskin tidak dapat alokasinya," terangnya.

Hingga kini, Indonesia sendiri sudah memesan sebanyak 421 juta dosis vaksin covid-19 untuk program vaksinasi di Indonesia. Targetnya, pemerintah akan melakukan vaksinasi kepada 181,5 juta penduduk guna menciptakan kekebalan komunitas (herd immunity).

Waduh, lalu bagaimana dengan negara-negara tersebut? Bukankah ini merupakan masalah kemanusiaan?

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI