Sigi Diterjang Banjir Lumpur, Akses Jalan Lumpuh Total
berita
Sumber Foto : detik.com
08 December 2019 20:00
Watyutink.com – Banjir lumpur menerjang Desa Poi, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada Sabtu (7/12/2019) sekitar pukul 05.00 WITA.

Banjir lumpur disertai material batu dan kayu merendam dan merusak  sejumlah rumah warga. Akibat banjir lumpur ini, akses lalu lintas jalan yang menghubungkan Palu dengan Kabupaten Sigi lumpuh total karena material menutupi badan jalan.  

Baca Juga

Camat Dolo Selatan Jalil menyampaikan, sebelum terjadi banjir, daerah tersebut sempat diguyur hujan deras, sehingga daerah pegunungan di sekitar Desa Poi mengalami longsor. Material longsor menerjang pemukiman warga melalui sungai.

Jalil menambahkan, sejak gempa 7,4 SR menerjang Palu pada2018 lalu, sedimen di pegunungan sekitar Desa Poi semakin meluas. Hal ini mengakibatkan material sedimen mudah longsor apabila terkena hujan deras.

Untuk menghindari terjadinya banjir lumpur susulan, sebagian warga khususnya ibu-ibu dan anak-anak memilih untuk mengungsi ketempat yang lebih aman. Hingga saat ini beberapa warga telah melakukan pembersihan rumah untuk menyelamatkan harta benda mereka yang terendam lumpur.

Kerusakan alam membuat dampak bencana alam semakian parah!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)