Sebut Moeldoko Pengkhianat, Muhammad Basmi Ditangkap Polisi
berita
Sumber Foto: rmol.id
18 October 2020 14:45
Watyutink.com - Kepala Bareskrim Polri, Komjen Listyo Sigit Prabowo mengonfirmasi telah menangkap seseorang bernama Muhammad Basmi pada Minggu, 18 Oktober 2020, pukul 05.00 WIB di kawasan Jakarta Utara. Listyo mengatakan Basmi ditangkap atas dugaan penghinaan terhadap Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko.

Saat memberikan keterangan, Minggu 18 Oktober 2020, Listyo menjelaskan penghinaan terhadap mantan Panglima TNI itu dilakukan Basmi melalui unggahan di akun facebooknya. Dalam penangkaoan itu, polisi menyita sejumlah barang bukti. Namun, Listyo belum bisa menjelaskan secara rinci terkait kronologi penangkapan terhadap Basmi.

Dalam postingannya, Basmi menyebut Moeldoko telah berkhianat kepada bangsa Indonesia. Hinaan bernada kasar itu dituliskan “SOUNDNICE ITU MENIPU CONSCIOUSNESS. A. Kur** MOELDOKO, hanya kumpulan Mantan Jenderal bermentalitas sebagai KOMPRADOR dan KOLABORATOR ASING."

Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Brigjen Slamet Uliandi mengatakan Basmi telah menyebarkan ujaran kebencian melalui unggahan di facebook. Selain terhadap Moeldoko, Basmi diduga juga menghina Polri.

Slamet menjelaskan Basmi dijerat dengan tindak pidana Ujaran kebencian (SARA) Pasal 28 ayat 2 UU ITE, dan atau penghinaan Pasal 207 KUHP. Barang bukti yang diamankan antara lain satu unit HP, satu SIM card, dan satu akun facebook Muhammad Basmi.

Saat ini Basmi sedang menjalani pemeriksaan di Dittipidsiber Bareskrim Polri. Barang bukti yang diamankan juga sedang dalam pemeriksaan polisi.

Hati-hatilah saat beraktivitas dunia maya, Polri dan pemerintah selalu memantau!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF