Sangat Mirip Polisi, Seragam Satpam Bakal Diubah jadi Krem
berita
Seragam Satpam mirip seragam polisi berwarna cokelat. Foto : tribunnews.com
14 January 2022 15:20
Watyutink.com - Polri dikabarkan bakal mengubah warga seraga Satuan Pengamanan atau Satpam. Saat ini seragam satpam berwarna coklat muda. Rencananya bakal diubah menjadi berwarna krem. Hal itu disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan saat berbicara dengan awak media, Kamis 13 Januari 2022.

Dalam keterangannya, Ramadhan menyebut warna seragam satpam terlihat sangat mirip dengan seragam anggota Polri. Hal itu menyebabkan masyarakat kebingungan membedakan mana satpam dan mana polisi.

Ramadhan menambahkan saat ini rencana perubahan warna seragam satpam masih dalam pengkajian. Menurut Ramadhan, warna seragam baru akan dikenalkan pada Hari Ulang Tahun (HUT) Satpam, 30 Desember. Ramadhan memastikan perubahan seragam hanya akan berlaku pada baju yang dikenakan oleh masing-masing penggunanya. Sedangkan atribut lain yang terpasang di seragam tidak berubah.

Satpam ini merupakan profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas. Sehingga perlu memiliki identitas sendiri yang berbeda dengan Polri sebagai pembinanya," ujar Ramadhan

Sejatinya seragam satpam berwarna cokelat muda baru diberlakukan pada Oktober 2021. Sebelumnya satpam menggunakan seragam berwarna biru. Saat itu perubahan dilakukan berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang pengaman swakarsa. Saat itu Kapolri masih dijabat Jenderal Idham Azis.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri saat itu Brigjen Awi Setiyono menjelaskan, perubahan seragam satpam dari warna biru menjadi cokelat dimaksudkan guna menjalin kedekatan emosional antara institusi Polri dengan personel Satpam.

Perubahan juga dilakukan untuk menumbuhkan kebanggaan terhadap anggota Satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas.

Selain perubahan warna seragam, merujuk pada Perkap 4/2020, diatur pula beberapa hal terkait Satpam, seperti kepangkatan berjenjang yang terbagi menjadi tiga golongan hingga batas umur bagi anggota Satpam untuk pensiun.

Dulu saat mengubah dari biru ke cokelat, apa nggak dipikirkan?

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF