Rumah Sakit Pulau Galang Ternyata untuk WNI dari Malaysia
berita
Sumber Foto : merdeka.com
03 April 2020 15:05
Watyutink.com - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan Rumah Sakit (RS) yang tengah dibangun pemerintah di Pulau Galang, Kepulauan Riau nantinya diperuntukkan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang baru pulang dari Malaysia. RS ini akag khusus menangani pasien virus corona.

Saat mengikuti rapat kerja melalui teleconference, Kamis (2/4/2020) Terawan menyebut RS Pulau Galang didirikan untuk mengantisipasi kedatangan WNI, terutama dari Malaysia. Menurutnya diperkirakan jumlahnya mencapai 500 ribu orang.

Pemilihan di Pulau Galang juga lantaran lokasinya yang dekat dengan pintu kedatangan WNI seperti di Pulau Batam dan beberapa pelabuhan yang telah ditetapkan. Sehingga jika ada yang tidak sehat tinggal menurut Terawan digeser ke Pulau Galang. Tentunya setelah melalui pemeriksaan atau screening kesehatan.

Meski demikian, mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto ini berharap tidak ada WNI dari luar negeri yang harus masuk rumah sakit. Ia berharap semua WNI pulang dalam kondisi sehat.

Terawan menjelaskan fasilitas di RS Pulau Galang sangat lengkap, baik peralatan maupun tenaga medisnya. Dengan luas sekitar 16 hektare, RS Pulau Galang memiliki 360 tempat tidur dan ruang isolasi.

Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, Danis Sumadilaga, menjelaskan RS Pulau Galang memiliki tiga zona dengan fungsi berbeda. Zona A 2,4 hektare, zona B 13,6 hektare, total 16 hektare.

Saat memberikan paparan di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Rabu (1/4/2020) Danis menyebut fasilitas dan segalanya sudah disiapkan. Tenaga medis yang menangani juga telah dikonsolidasikan dengan TNI dan Polri. Kemenkes juga telah menyiapkan tenaga-tenaga pembantu yang akan mensupport RS Pulau Galang.

Yang dalam negeri dulu pak dipentingin, baru yang di luar negeri!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF