Ribuan Buruh Bakal Demo Omnibus Law di Surabaya Besok
berita
Sumber Foto : GATRA/ Aryo Mahendro
26 October 2020 17:20
Watyutink.com – Ribuan pekerja dan buruh se-Jawa Timur yang melibatkan 16 serikat pekerja berencana kembali melakukan demonstrasi menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, di Surabaya, Selasa (27/10/2020) besok.

"Aksi demonstrasi kali ini dipusatkan di Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan Surabaya. Massa aksi diperkirakan mencapai 15 ribu orang dari berbagai daerah kawasan industri di Jatim," kata Juru Bicara Serikat Pekerja, Jazuli, Senin (26/10).

Menurut Jazuli, massa aksi akan bergerak secara bergelombang dari kawasan-kawasan industri menuju titik kumpul utama di Bundaran Waru, Kebun Binatang Surabaya (KBS) dan Kawasan Industri Margomulyo sekitar pukul 12.00 WIB.

Kemudian secara bersama-sama menuju kantor Gubernur Jawa Timur, diperkirakan massa aksi sampai di Jalan Pahlawan Surabaya sekitar pukul 14.00 WIB.

Aksi tersebut, kata Jazuli, merupakan kelanjutan dari demonstrasi 8 Oktober 2020 lalu, dan buntut dari ketidakpuasan buruh saat pertemuan dengan Menko Polhukam Mahfud MD di Jakarta, pada 14 Oktober 2020. 

Selain itu,

Jazuli memastikan pihaknya berkomitmen bahwa aksi demonstrasi besok akan dilakukan secara tertib dan damai serta menerapkan protokol kesehatan, yakni dengan menggunakan masker dan membawa hand sanitizer.

Sebanyak 16 konfederasi yang turut dalam aksi besok antara lain, KSPSI, KSPI, KSBSI, FSP LEM SPSI, FSP KEP SPSI, FSP RTMM SPSI, FSP KAHUT SPSI, FSP KEP KSPI.

Kemudian FSPMI KSPI, FSP PPMI KSPI, FSP FARKES Rev. KSPI, FSP KAHUTINDO, FSP PRODUKTIVA, SPN, SARBUMUSI dan FSP FARKES SPSI.

Lalu bagaimana dari sisi pemerintah? Apakah dengan adanya demo ini akan menjadi pertimbangan?

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF