Resmi Jadi Tersangka, Pengacara Djoko Tjandra Masuk Rutan Bareskrim
berita
Foto Istimewa
08 August 2020 17:24
Watyutink.com - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Polisi Awi Setiyono mengatakan pengacara terdakwa kasus korupsi Bank Bali, Djoko Tjandra, Anita Kolopaking resmi menghuno ruang tahanan (Rutan) Bareskrim Polri. Hal ini setelah Anita resmi ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kaburnya Djoko Tjandra. 

Saat memberikan keterangan, Sabtu 8 Agustus 2020, Awi menuturkan Anita akan menghuni rutan sampai 20 hari mendatang. Panahanan dilakukan dalam rangka pemeriksaan oleh penyidik Bareskrim dalam kasus Djoko Tjandra. 

Awi menambahkan Anita telah menjalani pemeriksaan sejak Jumat 7 Agustus 2020 hingga Sabtu dini hari.  Mantan Kabidhumas Polda Metro Jaya ini menuturkan, Anita mendapat 55 pertanyaan dari penyidik dalam  pemeriksaan tersebut. Namun Awi enggan menjelaskan secera rincin hal-hal apa saja yang menjadi materi pertanyaan penyidik. 

Sebelumnya, Bareskrim Polri telah menetapkan Anita Kolopaking sebagai tersangka dalam kasus pelarian Djoko Tjandra. Anita diduga telah melanggar Pasal 263 Ayat (2) KUHP terkait penggunaan surat palsu dan Pasal 223 KUHP tentang upaya membantu kaburnya tahanan.

Anita juga pernah menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung (Kejagung). Pemeriksaan yang dilaksnakan pads Senin 27 Juli 2020 itu  guna mengusut dugaan keterlibatan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan Anang Supriatna dalam kasus kaburnya Djoko Tjandra. Anita diduga telah melakukan pertemuan dengan Anang terkiat dengan kasus yang menjerat bos Grup Mulia itu. 

Penasehat hukum kok justru melanggar hukum. 

Tetaplah kritis membaca berita! 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF