Presiden: ASN Jangan Berlagak Seperti Pejabat Zaman Kolonial
berita
Sumber Foto: sindonews.com
27 July 2021 15:05
Watyutink.com – Presiden Joko Widodo meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) memiliki orientasi yang sama dan jangan berlagak seperti pejabat pada zaman kolonial.

Jokowi menegaskan bahwa ASN bukan lagi seorang yang harus dilayani seperti pada masa kolonial. "ASN bukan pejabat yang justru minta dilayani, yang bergaya seperti pejabat zaman kolonial dulu. Itu tidak boleh lagi," ujar Jokowi, Selasa (27/7/2021).

Kemudian, Jokowi menyebut setiap ASN telah diberikan kewenangan dan sumber daya. Oleh karena itu, kewenangan tersebut harus dimanfaatkan untuk pelayanan kepada masyarakat. "Otoritas dan sumber daya ini harus digunakan secara akuntabel," ungkap bekas Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga menyampaikan pentingnya kolaborasi setiap Kementerian dan lembaga. Pasalnya dalam kondisi saat ini, tidak semua masalah bisa diselesaikan oleh satu kementerian atau lembaga. "Kolaborasi lintas organisasi, lintas daerah lintas ilmu, lintas profesi menjadi sangat penting," terang Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi minta tidak ada lagi ego antar kementerian dan lembaga. Sehingga ke depan pelayanan kepada masyarakat dapat diberikan dengan lebih baik.

Yah, semoga organisasi pemerintahan ada perbaikan terus dalam memberikan pelayanan publik. Kondisinya sekarang memang serba semua dalam keadaan yang genting karena Covid-19.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF