Polri Sita Uang Pinjol Ilegal Rp20,4 Miliar
berita
Sumber Foto: tribunnews.com
23 October 2021 18:45
Watyutink.com – Direktur Tipideksus Bareskrim Polri Brigjen Helmy Santika menyatakan bahwa pihaknya telah menyita uang sebanyak Rp20,4 miliar terkait kasus pinjaman online (pinjol) ilegal.

Uang puluhan miliar itu diduga sebagai dana transaksi pinjam miminjam tersebut.

Penyitaan itu dilakukan saat melakukan penangkapan terhadap JS selaku pendana dari pinjol ilegal berkedok Koperasi Simpan Pinjam Solusi Andalan Bersama (KSP SAB). Selain JS, polisi juga menangkap Ketua KSP SAB yakni, MDA dan SR.

"Uang senilai Rp20,4 miliar disita pada rekening bank atas nama KSP Solusi Andalan Bersama dan uang Rp11 juta pada rekening bank atas nama KSP Solusi Andalan Bersama. Dari SR disita HP,” kata Helmy, Sabtu (23/10/2021).

Dalam operasinya, KSP SAB ini membawahi beberapa anak perusahaan pinjol ilegal yang salah satunya, yakni Fulus Mujur. Aplikasi yang digunakan oleh seorang ibu di Wonogiri yang melakukan bunuh diri karena tak kuat menghadapi teror karena tak membayar.

Dalam pemeriksaan terungkap, tersangka JS, selain pendana KSP SAB juga diduga berperan sebagai fasilitator WNA. JS juga merekrut orang-orang dijadikan ketua ataupun direktur utama secara fiktif, agar pinjol ilegal berkedok perusahaan atau koperasi agar tidak terendus.

"JS pemodal untuk mendirikan perusahaan atau KSP fiktif yang digunakan untuk operasional pinjol ilegal," ujar Helmy.

Duit sebanyak itu, berapa orang coba yang jadi korban? Selain masyarakat Indonesia yang memang mudah percayaan, yah perlindungan juga ditingkatkan dong.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF