Polri Luncurkan Aplikasi SINAR, Perpanjangan dan Buat SIM Bisa Langsung dari Rumah
berita
Sumber Foto : metroterkini.com
07 April 2021 16:33
Watyutink.com – Sesaat lagi masyarakat tidak perlu repot-repot antri di kantor Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) untuk mengurus perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM). Semuanya bisa dilakukan dari rumah. Pasalnya Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri siap meluncurkan aplikasi SIM Nasional Presisi atau SINAR. Aplikasi berbasis Android dan iOS ini akan memudahkan masyarakat saat ingin mengurus SIM, baik pembuatan baru maupun memperpanjang.

Saat memberikan keterangan tertulis, Senin 5 April 2021, Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Kombes Tri Julianto Djatiutomo mengatakan dengan aplikasi SINAR masyarakat bisa mengurus SIM dari rumah. Selain itu aplikasi tersebut akan berlaku secara nasional.

Perwira menengah yang biasa disapa Jati ini menjelaskan aplikasi SINAR akan diluncurkan secara resmi pada Senin 12 April 2021. Melalui aplkasi ini proses pembuatan maupun perpanjangan SIM akan lebih mudah. Selain itu prosesnya bisa dilakukan di manapun lantaran aplikasi tersebut berfungsi secara nasional.

Jati menerangkan layanan yang bisa dilakukan dengan SINAR adalah uji terori SIM secara online, pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes. Namun layanan tersebut hanya berlaku bagi permohonan perpanjangan SIM A untuk mobil dan SIM C untuk sepeda motor.

Khusus untuk pembuatan SIM baru, baik A maupun C, pemohon tetap harus hadir ke kantor Satpas. Pasalnya pemohon SIM baru wajib melakukan tes praktik. Namun untuk registrasi dan persyaratan lainnya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi SINAR. Pemohon datang ke kantor Satpas hanya untuk ujian praktik.

Jati menambahkan registrasi SIM baru menggunakan aplikasi SINAR bisa untuk semua golongan. Mantan Kabid Humas Polda DI Yogyakarta ini menuturkan kehadiran SINAR proses registarasi sebelumnya melalui situs https://sim.korlantas.polri.go.id/devregistrasi/ secara otomatis nonaktif.

Berikut langkah pembuatan SIM baru via aplikasi SINAR:

1. Download aplikasi

2. Registrasi (NIK)

3. Face recognition

4. Pilih jenis SIM

5. Pembayaran PNBP SIM baru

6. Ujian teori online yang didahului simulasi contoh soal

7. Lulus dan mendapat QR Code

8. Pilih Satpas

9. Pilih jadwal ujian praktik

Sedangkan tahapan perpanjangan SIM online via aplikasi SINAR:

1. Download aplikasi

2. Verifikasi No. HP (OTP)

3. Registrasi (NIK, SIM, Foto KTP, SIM dan Selfie)

4. Verifikasi NIK dan SIM

5. Pilih jenis SIM dan lokasi Satpas

6. Verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi

7. Isi rekening pengembalian (pembatalan)

8. Pilih metode pengiriman

9. Upload pas foto dan tanda tangan

10. Pembayaran PNBP dan biaya kirim

11. Cetak SIM

12. Pengiriman

13. SIM diterima pemohon

Semoga percaloan bisa lenyap dengan aplikasi SINAR, tapi jangan jadi proyek ya.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI