Piala Dunia U20 Boleh Dihadiri Penonton, Menpora Tunggu Rekomendasi Satgas Covid-19
berita
Sumber Foto : bolasport.com
21 October 2020 15:52
Watyutink.com – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan penyelenggaraan Piala Dunia U20 di Indonesia 20 Mei – 12 Juni 2021 dipastikan tanpa upacara pembukaan dan penutupan. Muhadjir mengatakan penyenggaraan Piala Dunia U20 akan berbeda dengan Asian Games yang dibuka dan ditutup dengan pesta atau upacara yang cukup meriah.   

Saat memberikan keterangan di Kantor Kemenko PMK, Selasa 20 Oktober 2020, Muhadjir menuturkan, hal itu sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin Rapat Terbatas (Ratas) secara virtual, dihari yang sama. Dalam Ratas dengan tema  "Perkembangan Persiapan Penyelenggaraan Piala Dunia U-20 Tahun 2021" itu pihak-pihak yang terkait dengan Piala Dunia U20 itu diminta menyampaikan laporannya.

Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan Piala Dunia U20 hanya akan dibuka dengan pidato. Alokasi waktunya menurut Zainudin juga hanya terbatas, maksimal lima hingga delapan menit. Zainudin menambahkan berdasarkan aturan Federasi Sepak Bola Dunia atau Fédération Internationale de Football Association (FIFA) yang dimaksud dengan pembukaan adalah pertandingan hari pertama.

Zainudin menjelaskan, awalnya panitia akan memajukan acara sebelum pertangingan. Jika pertandingan dimulai pada 19.00 WIB, panitia akan memulai pada 16.00 WIB. Namun hal itu dikhawatirkan mempengaruhi rumput lapangan meski sudah menggunakan alas. FIFA menurut Zainudin tetap tidak memperbolehkan. Itulah sebabnya Jokowi membuka Piala Dunia U20 hanya dengan speech atau pidato sesuai dengan arahan FIFA.

Tentang kehadiran penonton, Zainudin menyatakan panitia masih akan melihat situasi dan perkembangan penanganan pandemi virus corona atau Covid-19. Jika memang pada Mei hingga Juni 2021 pandemi sudah reda, kehadiran penonton bisa dimungkinkan. Terutama jika vaksin virus corona sudah ada di sebarkan secara merata.

Zainudin menambahkan, pihaknya akan tetap mengedepankan keselamatan dan kesehatan masyarakat. Satgas Penanganan Covid-19 yang nantinya akan menuntukan apakah penonton bisa hadir atau tidak. Selain itu FIFA juga akan memberikan supervisi dan arahan. Panitia hanya akan mematuhi dan mengikutinya.

Jangan cuma urusi Piala Dunia U20, Liga 1 dan 2 bagaimana nasibnya pak?

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

Revolusi Akhlak Kiai Juned

25 November 2020

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF