Perpanjang PSBB di Jakarta, Anies Sebut Luhut Sudah Setuju
berita
Sumber Foto : antaranews.com
25 September 2020 14:00
Watyutink.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memutuskan memperpanjang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala (PSBB) hingga 14 hari ke depan. Kebijakan ini tertuang dalam Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 959 Tahun 2020. Perpanjangan PSBB kali ini juga berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 DKI.

Saat memberikan keterangan tertulisnya, Kamis 24 September 2020, Anies mengatakan Pemprov DKI selalu berkoordinasi dengan pemerintah pusat dalam penanganan pandemi virus corona atau Covid-19. Bahkan menurut Anies, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Pandjaitan sudah setuju dengan perpanjangan PSBB di ibu kota.

Data dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) menunjukkan kasus Covid-19 di DKI Jakarta telah mulai melandai dan terkendali. Sebaliknya kawasan penyangga ibu kota, Bogor Depok Tangerang dan Bekasi (Bodetabek) justru meningkat. Itulah sebabnya diperlukan langkah-langkah penyelarasan kebijakan dalam menanggulangi wabah virus corona.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini mengklaim tanda-tanda melandainya kasus corona di Jakarta terlihat seiring dengan berkurangnya aktivitas warga selama PSBB. Anies menuturkan, pada 12 hari pertama September, pertambahan kasus aktif sebanyak 49 persen atau 3.864 kasus.

Pada 12 hari berikutnya saat PSBB diterapkan, kasus corona aktif di Jakarta berkurang menjadi 12 persen atau 1.453 kasus. Meski demikian Anies menegaskan pelandaian grafik kasus aktif bukanlah tujuan akhir. Masih ada tugas besar yang harus diselesaikan, yakni memutus mata rantai penularan Covid-19.

Itulah sebabnya mantan Rektor Universitas Paramadina Jakarta itu meminta semua pihak bekerjasama dan berperan dalam upaya melawan wabah corona. Pemerintah akan terus meningkatkan 3T (Trace, Test, Treat).

Warga ibu kota diajurkan berada di rumah dulu dan hanya bepergian bila perlu sekali. Tidak lupa Anies meminta warga menerapkan 3M, Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan menggunakan sabun.

Diperlukan kerjasama semua pihak dan tidak saling menyalahkan!

Tetaplah kritis membaca berita!
 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF