Pembina Pramuka dalam Peristiwa Siswa Hanyut di Sleman, Yogyakarta Terancam Penjara Lima Tahun
berita
Dok Pusdalops DIY - TribunJogja.com
24 February 2020 15:54
Watyutink.com – Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menetapkan IYA (36 tahun) sebagai tersangka dalam peristiwa hanyutnya ratusan siswa SMPN 1 Turi, Sleman, Yogyakarta di Kali Sempor . Peristiwa yang terjadi pada Jumat (21/2/2020) itu menyebabkan 10 orang siwa meninggal dunia. Sedangkan 23 siwa mengalami luka-luka.

Wakapolda DIY Brigjen Karyoto mengatakan, tersangka adalah guru olah raga SMPN 1 Turi. Warga Caturharjo, Sleman itu juga bertindak selaku pembina pramuka di sekolah tersebut. Karyoto menjelaskan IYA dikenakan pasal berlapis, yakni 359 dan 360 KUHP, yakni kelalaian yangmengakibatkan orang lain meninggal dunia dan luka-luka. Tersangka terancam hukuman maksimal lima tahun penjara.

Saat memberikan keterangan pada Minggu (23/2/2020) Karyoto menyebut IYA dianggap bertanggung jawab atas tragedi tersebut. Pasalnya tersangka yang membuat program susur sungai. Selain itu tersangka juga yang menentukan lokasi kegiatan tersebut dilaksanakan.

Seharusnya kegiatan itu tidak dilakukan. Pasalnya pramuka hanya melatih dasar-dasar kepemimpinan dan pertolongan pertama. Sebagai pembina, seharusnya IYA memilik wawasan dan pengetahuan tentang manajemen risiko keselamatan.

Terlebih pada saat kegiatan tersebut dilaksanakan,  Balai Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogya telah menginformasikan kemungkinan adanya banjir di Kali Sempor. Terlebih saat tengah memasuki musim hujan yang kerap terjadi cuaca buruk.

Karyoto menambahkan pihaknya telah melakukan penahanan terhadap IYA sejak Sabtu (22/2/2020). Selain itu polisi telah memeriksa 15 orang saksi dalam peristiwa ini. Saksi yang diperiksa adalah guru dan pembina pramuka, para siswa yang mengikuti kegiatan tersebut, warga di sekitar lokasi, dan pihak kwartir cabang pramuka Sleman.

Karyoto menegaskan sampai saat ini polisi masih terus melakukan pemeriksaan dan pengembangan. Itulah sebabnya ia menyebut masih terbuka kemungkinan tersangka bakal bertambah.

Sebelumnya, pada Jumat (21/2/2020) 249 siswa SMPN 1 Turi, Sleman, DIY hanyut di Kali Sempor saat mengikuti kegiatan pramuka susur sungai. Akibnatnya, 10 siswa meninggal dunia dan 23 siswa mengalami luka-luka.

Sebaiknya carilah kegiatan yang tidak membahayakan siswa.

Tetaplah kritis membaca berita!                

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)