PSBB Diperpanjang, Anies Larang Warga Gelar Lomba Agustusan
berita
Sumber Foto : Dokumentasi Pemprov. DKI Jakarta
14 August 2020 14:17
Watyutink.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan meniadakan acara peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 75. Keputusan ini diambil mengingat wilayah DKI Jakarta masih berstatus zona merah penularan virus corona atau Covid-19.

Dalam keterangan tertulis yang diterima awak media, Kamis 13 Agustus 2020, Anies juga melarang warga menyelenggarakan aneka perlombaan yang lazimnya dilakukan saat peringatan Agustusan. Anies juga memutuskan memperpanjang pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi hingga 27 Agustus 2020.

Seharusnya PSBB transisi fase pertama berakhir pada 13 Agustus 2020. Namun terpaksa diperpanjang lantaran angka penyebaran virus corona di ibu kota kembali meningkat. Pemprov DKI Jakarta juga memutuskan meniadakan beberapa kegiatan yang memicu pengumpulan massa, sepertu hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini meminta warga DKI Jakarta menunda kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan selama masa transisi. Namun Anies, tetap memperbolehkan warga yang ingin menghias kampung, rumah, maupun kantor untuk menyambut HUT RI.

Upacara bendera pun tetap bisa dilaksanakan. Tapi dengan berbagai pembatasan, seperti jumlah peserta upacara. Menurut Anies upacara bendera lebih bisa dikendalikan dibanding kegiatan lomba yang dipastikan menimbulkan kerumunan massa.

Meski tanpa perlombaan tetap kita teriakkan "Merdekaaaaaaaa"

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF