PPKM Diperpanjang Hingga 8 Februari 2021, Mal Boleh Buka Sampai Pukul 20.00 WIB
berita
Sumber Foto : tribunnews.com
21 January 2021 15:15
Watyutink.com – Pemerintah memutuskan memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pulau Jawa dan Bali hingga 8 Februari 2021. Kebijakan yang dilakukan untuk menekan penularan virus corona atau Covid-19 itu sedianya akan berakhir pada 25 Januari 2021. PPKM sudah dilaksanakan selama dua pekan sejak 11 Januari 2021.

Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto saat memberikan keterangan, Kamis 21 Januari 2021 menerangkan setelah dilakukan evaluasi, pemerintah memutuskan memperpanjang penerapan PPKM selama dua pekan ke depan. Sehingga PPKM akan kembali berlaku sejak 26 Januari hingga 8 Februari 2021.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menurut Airlangga secara langsung meminta agar PPKM diperpanjang. Itulah sebabnya dalam waktu dekat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan mengeluarkan instruksi yang meminta para gubernur melakukan evaluasi pemberlakuan PPKM di wilayahnya masing-masing. Evaluasi dilakukan berdasarkan beberapa parameter, seperti tingkat kesembuhan di bawah nasional. Sedangkan tingkat kematian, positivity rate dan Bed Occupancy Rate (BOR) semuanya berada di atas nasional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) ini meminta para gubernur di tujuh provinsi mendukung pelaksanaan PPKM tahap kedua. Airlangga menerangkan dari hasil monitoring, di 77 kota/kabupaten di tujuh provinsi di Jawa dan Bali tersebut terdapat 29 kabupaten/kota masih berisiko tinggi, 41 kabupaten/kota risiko sedang, dan 3 kabupaten/kota risiko rendah.

Airlangga menambahkan, selama penerapan PPKM tahan kedua, 26 Januari hingga 8 Februari 2021, mal dan pusat perbelanjaan diperbolehkan beroperasi hingga pukul 20.00 WIB. Sebelumnya saat penerapan PPKM tahap pertama, mal dan pusat perbelanjaan hanya boleh beroperasi hingga pukul 19.00 WIB.

Sedangkan sektor lain, menurut Airlangga aturannya masih sama sesuai dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 01 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dalam rangka PSBB Jawa Bali. Perkantoran masih wajib menerapkan kerja dari rumah atau work from home (WFH) sebanyak 75 persen karyawan. Sekolah juga masih harus melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau sekolah online.

Khusus sektor esensial terutama yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan pokok diperbolehkan beroperasi 100 persen. Namun dengan memperhatikan protokol kesehatan.  

Kalau belum benar-benar aman PPKM jangan dicabut dulu, ingat pelaksanaan PSBB kemarin!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI