PDIP-Gerindra Makin Mesra, Menantu Jokowi, Keponakan Prabowo, dan Anak Pramono Anung Resmi Maju di Pilkada 2020
berita
Istimewa
11 August 2020 15:40
Watyutink.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengumumkan secara resmi mengusung beberapa pasangan calon (paslon) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak, Desember 2020. Saat membacakan pengumuman, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Puan Maharani menyebut beberapa nama, termasuk yang selama ini banyak menghiasi media massa, yakni Bobby Nasution. Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu akan berpasangan dengan Aulia Rahman pada Pilkada Kota Medan, Sumatera Utara.

Pengumuman ini menunjukkan semakin mesranya koalisi antara PDIP dan Partai Gerindra. Pasalnya Aulia Rahman diketahui adalah anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi Gerindra. Saat membacakan pengumuman, Puan menyebut Bobby akan menjadi calon Wali Kota dan Aulia mendampingi sebagai calon Wakil Wali Kota Medan.

Kerja sama kedua partai yang sempat berseteru pada Pilpres 2019 itu juga terlihat saat Puan mengumumkan mengusung Rahayu Saraswati Djojohadikusumo. Keponakan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto itu akan menjadi calon Wakil Wali Kota mendampingi Muhammad, kandidat yang diusung PDIP menjadi calon Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Banten.   

PDIP juga mengumumkan mengusung Hanandhito Himawan Pramana sebagai calon Bupati Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Putra Sekrestaris Kabinet sekaligus mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Pramono Anung itu akan berpasangan dengan Ketua Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Kediri, Dewi Mariya Ulfa sebagai calon Wakil Bupati.

Pengumuman kali ini adalah gelombang ketiga, setelah sebelumnya PDIP mengumumkan 48 pasangan calon pada 19 Februari 2020 dan 45 nama calon pada 17 Juli 2020. Salah satu nama yang diumumkan pada gelombang kedua adalah Gibran Rakabuming Raka sebagai calon Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah. Putra Presiden Jokowi ituakan berpasangan dengan Teguh Prakosa sebagai calon Wakil Wali Kota.

Pilkada Serentak 2020, akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020. Terdapat 270 daerah yang akan menggelar Pilkada, terdiri dari sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Masihkah ada yang menyangkal adanya politik dinasti?

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF