Obati Campak dan Cacar dengan Wedang Jehe Merah dan Kayu Secang
berita
Wedang Jahe + Kayu Secang
16 September 2020 16:50
Watyutink.com – Salah satu penyakit yang harus dihindari adalah campak. Penyakit yang menular melalui virus ini bisa menyebabkan tubuh mengalami demam, batuk dan pilek. Selain itu campak juga menyebabkan ruam  kemerahan di sekujur tubuh.

Selain campak, penyakit yang juga dihindari adalah cacar. Gejalanya pun serupa dengan campak, yakin demam, sakit kepala, dan nyeri di beberapa bagian tubuh. Cacar biasanya disertai pula munculnuya bintik merah di wajah dan dada. Bintik itu berisi cairan dan terasa gatal. Itulah sebabnya penyakit ini juga sering disebut cacar air.

Kedua penyakit itu tidak bisa dipandang remeh. Itulah sebabnya penyakit cacar dan campak harus dihindari. Pasalnya jika dibiarkan, campak dan cacar bisa membawa akibat yang lebih parah. Salah satu cara mencegah terserang cacar dan campak adalah dengan rutin mengonsumsi ramuan herbal atau alami.

Tahukah Anda, apa bahan alami yang bisa mencegah penyakit cacar dan campak?

Tubuh terserang campak akibat infeksi virus. Campak adalah penyakit yang mudah menular, terutama pada anak-anak. Orang akan terkena campak jika menyetuh atau terkena percikan air liur penderitanya. Penderita campak umumnya mengalami gejala berupa batuk, pilek, dan demam. Selajutnya muncul bercak keputihan di mulut dan ruam kemerahan di wajah. Nantinya ruam akan menyebar ke hampir seluruh bagian tubuh.

Campak sejatinya bisa sembuh sendiri secara bertahap, terutama bagi orang yang sudah mendapatkan vaksin campak dan dilanjutkan dengan vaksin gabungan untuk campak, gondongan, dan rubella  atau vaksin MMR. Namun jika tidak ditangani campak bisa sangat mengganggu. Dalam kondisi parah, campak bisa memicu kondisi yang lebih serius, seperti radang telinga, paru-paru basah, dan infeksi atau radang otak. Pada ibu hamil, campak bisa menyebabkan lahir prematur atau keguguran.

Sedangkan cacar air adalah kondisi saat tubuh mengalami demam dan sakit kepala disertai munculnya bintik merah berisi air. Jika tidak ditangani, cacar air bisa berkembang menjadi kondisi yang lebih berbahaya. Pasalnya cacar air bisa memicu gangguan paru-paru, seperti pneumonia. Kondisi jadi lebih parah jika penderita adalah perokok.

Cacar juga bisa memicu infeksi pada kulit, jaringan, dan tulang. Selain itu cacar bisa menyebabkan infeksi pada aliran darah atau sepsis dan ensefalitis atau radang otak. Cacar juga kerap memicu perdarahan dan dehidrasi.

Untuk membantu mengatasi campak dan cacar penderita sangat dianjurkan memperbanyak minum air putih dan mengonsumsi vitamin A. Bisa juga dengan memanfaatkan bahan-bahan herbal atau alami, yakni jahe merah dan kayu secang.

Jahe merah adalah rimpang atau bahan herbal yang sangat baik untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Pasalnya jahe mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Nutrisi tersebut adalah air, serat, karbohidrat, protein, lemak, mineral (kalsium, fosfor, besi), antioksidan, vitamin (vitamin A, Vitamin B1, B3, Vitamin C), ezim proteolitik, zingibain, minyak atsiri, oleorosin, gingerol, shogaol,  dan senyawa fenolik.

Jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri paling tinggi yaitu sebesar 2,58-2,72 persen, serta zat gingerol dan oleorosin paling banyak dibandingkan jenis yang lain. Selain itu, jahe ini memiliki aroma yang lebih tajam, serta rasa yang lebih pedas dan pahit dibandingkan jenis jahe yang lain. Hal ini menyebabkan jahe merah sangat baik dijadikan bahan obat herbal.

Sedangkan kayu secang juga dikenal kaya akan kandungan senyawa yang penting bagi tubuh, seperti brazilin, brasilein, alkaloid, flavonoid, saponin, tanin, terpenoid, kardenolin, fenil propana, dan antrakinon. Selain itu secang juga menganding asam galat, delta-a phellandrene, oscimene, resin, resorsin, dan minyak atsiri. Kandungan zat yang khas dalam kayu secang adalah sappanchalcone dan caesalpin-P.

Pakar pengobatan herbal, dr Zaidul Akbar mengatakan ramuan jahe merah dan kayu secang bisa menjadi anti virus yang melindungi tubuh dri campak dan cacar. Selain itu ramuan atau wedang jahe dan kayu secang juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Melalui unggahan di akun Instagramnya, Zaidul membagikan resep membuat wedang jahe dan kayu secang. Siapkan bahan-bahan berupa, jahe merah sebesar ibu jari orang dewasa, dua batang sereh, beberapa lembar kayu secang, dua sendok teh madu dan air putih.

Iris tipis jahe dan sereh lalu geprek. Seduh jahe, sereh, dan kayu secang dengan 300 mililite air mendidih. Biarkan sebentar lalu tambahkan madu. Aduk hingga merata dan minum selagi hangat. Lakukan rutin dua atau tiga kali sehari.

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF