OJK Tegaskan Beli Motor dan Mobil Sekarang Tanpa DP
berita
Sumber Foto : batam.tribunnews.com
12 January 2019 12:15
Watyutink.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan pihaknya memangkas kewajiban uang muka pembelian kendaraan bermotor baik baik roda dua maupun empat. Kewajiban uang muka atau down payment (DP) yang dihapus bahkan hingga nol persen. Ketentuan ini berlaku untuk pembelian kendaraan melalui leasing atau perusahaan pembiayaan.

Ketentuan DP nol persen ini tertuang dalam Peraturan OJK Nomor 35/POJK.05/2018 yang diterbitkan pada 27 Desember 2018. Dalam aturan sebelumnya, OJK menetapkan kewajiban DP pembelian kendaraan paling rendah lima persen dan paling tinggi 25 persen.

Wimboh menjelaskan uang muka nol persen hanya boleh diberikan perusahaan pembiayaan yang memiliki rasio kredit bermasalah atau non-performing finance di bawah satu persen. Pasalnya OJK tetap memperhatikan aspek kehati-hatian.

Mantan Komisaris Utama Bank Mandiri ini mengatakan kebijakan ini  bertujuan untuk mendorong konsumsi domestik. Diharapkan kebijakan ini dapat merangsang perusahaan pembiayaan menjadi lebih sehat dan tumbuh lebih baik. Ia yakin kebijakan DP nol persen ini akan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi.

Wimboh menampik anggapan kebijakan ini bakal meningkatkan kemacetan di kota-kota besar. Ia menekankan pentingnya perbaikan transportasi publik. Jika transportasi publik menjadi lebih baik, Wimboh yakin masyarakat akan semakin tertarik menggunakan kendaraan umum.

Selamat datang kemacetan lalu lintas yang semakin parah!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Imam Ghozali

Dosen STAIN Bengkalis

FOLLOW US

Kapasitas Sumber Daya Lokal yang Menjadi Hambatan             Konglomerasi Media dan Pilpres             Kuatnya Arus Golput: Intropeksi Bagi Parpol             Golput Bagian dari Dinamika Politik             Parpol ke Arah Oligharkhis atau Perubahan?             Melawan Pembajak Demokrasi             Pilih Saja Dildo             Golput dan Migrasi Politik             Golput Bukan Pilihan Terbaik             Golput dan Ancaman Demokrasi