Muhammadiyah Minta Jokowi Pimpin Langsung Penanganan Pandemi Covid-19
berita
Sumber Foto : Antara/ Hendra Nurdiyansyah
22 September 2020 15:05
Watyutink.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) diminta mengambil alih komando dalam penanganan pandemi virus corona atau Covid-19. Jokowi juga diminta melakukan evaluasi menyelurruh terhadap penanganan Covid-29. Hal ini agar penanganan lebih terarah, efektif, dan maksimal.

Permintaan ini disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammdiyah Haedar Nashir saat memberikan keterangan resmi, Senin 21 September 2020. Haedar menyebut kondisi pandemi Covid-19 saat ini sudah semakin gawat. Kehadiran presiden menurut Haear sangat dibutuhkan di tengah adanya penurunan dan melemahnya kinerja antar kementerian.

Turun tangannya Jokowi secara langsung diperlukan untuk meningkatkan performa dan profesionalitas kerja bawahannya. Selain itu menurut Haedar, ikut campurnya Jokowi juga agar tidak timbul liabilitas pemerintahan dan menurunnya kepercaraan masyarakat kepada pemerintah, khususnya kepada presiden. Haedar menegaskan perlu kebijakan yang tegas dan menyeluruh dalam penanganan Covid-19 secara nasional agar keadaan segera terkendali.

Haedar menilai pemerintah pusan dan daerah telah bekerja keras menangani pandemi Covid-19. Namun lantaran tidak maksimal hasilnya belum terlihat. Selain masalahnya yang kompleks, Haedar melihat adanya masalah koordinasi dan komunikasi antar instansi. Itulah sebabnya kehadiran Presiden Jokowi secara langsung diperlukan guna memperbaiki kondisi tersebut.

PP Muhammadiyah juga meminta Presiden Jokowi mengutamakan penyelamatan jiwa rakyat Indonesia. Hal itu merupakan perintah konstitusi, yakni negara melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.

Sayangnya beliau lebih suka memerintahkan orang lain, semoga ini bukan karena tidak mampu!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF