Menag Tagaskan Segera Lakukan Sertifikasi Penceramah Islam
berita
Sumber Foto : wartaekonomi.co.id
14 August 2020 11:00
Watyutink.com - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menegaskan pihaknya bakal segera melakukan program sertifikasi pencerah Islam. Program yang akan dimulai dalam waktu dekat  itu bertujuan agar para penceramah atau dai bisa mendakwahkan Islam yang damai dan toleran.

Dalam keterangan yang dimuat di situs resmi Kementerian Agama (Kemenag) Kamis 13 Agustus 2020, Fachrul menyatakan program tersebut telah didiskusikan dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Rencananya program sertifikasi dai akan bergulir pada tri wulan ketiga tahun ini.

Fachrul berharap program ini mampu mencetak dai yang mampu berdakwah tentang Islam rahmatan lil alamin. Mantan Wakil Panglima TNI ini menyatakan program ini juga bertujuan agar ke depannya masjid-masjid bisa diisi oleh para dai-dai bersertifikasi.

Nantinya, masjid diharapkan tidak hanya sekadar menjadi sarana penyebaran iman dan takwa. Tapi juga dijadikan sarana menguatkan kerukunan bangsa. Itulah sebabnya menurut Fachrul masjid harus diisi para penceramah yang mampu  mendakwahkan Islam yang damai dan penuh toleran.

Meski demikian, program dai  bersertifikat hanya diikuti bagi penceramah yang berkenan mengikutinya. Fachrul menegaskan program sertifikasi dai tidak mengikat dan tidak ada paksaan.

Sejatinya wacara dai bersertifikat sudah pernah dilontarkan pada 2019. Saat Fachrul berdalih sertifikasi pencerah dilakukan guna menangkal gerakan radikalisme lewat mimbar masjid. Dia sempat bercerita saat ini banyak penceramah yang membodohi umat lewat ceramah.

Mengapa hanya penceramah Islam, bagaimana dengan agama lain?

Tetaplah kritis membaca berita! 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF