Masih Sisakan Dua Pertandingan, Liga 1 Sudah Selesai
berita
Sumber Foto : bola.tempo.co
14 December 2019 14:55
Watyutink.com – Meski masih menyisakan dua pertandingan, namun kompetisi Liga 1 Indonesia, 2019 bisa dikatakan sudah selesai. Pasalnya Bali United sudah dipastikan menjadi juara. Hingga pekan ke 32, tim asal Gianyar, Bali itu sudah mengumpulkan poin 64. Jauh di atas Borneo FC di peringkat dua dengan poin 49.

Meski pada pertandingan pekan ke 32, Bali United menelan kekalahan 0-1 dari Tira Kabo, poin Laskar Tridatu tak mungkin dikejar rival-rivalnya, seperti Borneo FC dan Persipura. Terlebih kompetisi hanya menyisakan dua pertandingan saja.

Selain itu, tiga tim terbawah juga sudah dipastikan terdegradasi ke Liga 2 pada musim depan. Ketiganya adalah, Kalteng Putra, Semen Padang, dan Badak Lampung. Hal itu dipastikan setelah Persija Jakarta berhasil mengalahkan Madura United pada pertadingan ke 32 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta, Jumat (13/12/2019) dengan skor 4-0. Sehingga poin yang dikumpulkan Persija menjadi 41 dan mendongkrak posisi tim asal ibu kota itu ke peringkat 12.

Badak Lampung yang menghuni posisi 16 tidak mungkin mengejar posisi Persela Lamongan. Pasalnya Persela yang menempati peringkat 15, posisi terakhir diatas zona degradasi, dengan poin 40. Sedangkan Badak Lampung baru mengumpulkan poin 33. Dua pertandingan tersisa tak mungkin menyelamatkan posisi tim yang dulunya bernama Perseru itu.

Posisi tiga tim tersebut pada musim depan akan digantikan Persik Kediri, Persita Tangerang, dan Persiraja Banda Aceh. Persik dan Persita adalah finalis kompetisi Liga 2. Pada laga final, Persik berhasil mengalahkan Persita dengan skor 3-2. Sedangkan Persiraja memastikan tiket promosi ke Liga 1 musim depan setelah mengalahkan Sriwijaya FC  dengan skor 1-0.

Masih banyak yang harus dibenahi, kompetisi masih belum benar-benar bersih dari permasalahan!

Tetaplah kritis membaca berita!

(cp)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)