Mabes Polri Tegaskan Video Polisi Menyamar Pakai Jas Almamater Saat Demo, Hoaks
berita
Sumber Foto : suara.com
21 October 2020 14:15
Watyutink.com  - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono membantah kabar yang menyatakan adanya seorang perwira polisi menyamar menjadi mahasiswa dan mengikuti aksi demo. Hal ini menanggapi sebuah video yang sempat viral di media sosial beberapa saat lalu. Dalam video tersebut terlihat seorang berpakaian almamater hijau diamankan petugas berpakain preman. Tersebut informasi pria tersebut adalah pewira polisi yang menyamar menjadi mahasiswa.

Saat memberikan keterangan, Rabu 20 Oktober 2020, Awi menegaskan narasi dalam video tersebut tidak benar. Termasuk narasi yang menyebutkan perwira Brimob menyamar kemudian ditangkap dan dipukul oleh anggota Sabhara.  Awi memastikan semua itu tidak benar atau hoaks.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menjelaskan video itu direkam saat terjadi aksi demo di Universitas Batanghari (Unbari), Jambi, Selasa 20 Oktober 2020. Awi menuturkan pria berbaju almamater hijau itu adalah benar seorang mahasiswa. Kejadian tersebut menurut Awi akibat kesalahpahaman antara personel intel kepolisian dan anggota Brimob. Saat itu anggota intel berniat mencegah Brimob melakukan pemukulan terhadap mahasiswa.

Awi menambahkan mahasiswa tersebut ditangkap lantaran sudah berbuar anarkis dan melawan petugas. Namun menurut Awi, dalam video yang menjadi viral di media sosial dinarasikan seolah-olah yang ditangkap adalah perwira polisi. Hal itu menurut Awi tidak sesuai dengan kejadian yang sebenarnya. Awi mengatakan saat ini kesalahpahaman yang sempat terjadi sudah diselesaikan.

Sebelumnya, warganet dihebohkan dengan video pengamanan aksi demo mahasiwa. Dalam video yang diunggah akun twitter @Lini_ZQ, Selasa 20 Oktober 2020, pukul 09.40 WIB tersebut terlihat seorang memakai pakaian almamater hijau diamankan petugas kepolisian. Disebutkan bahwa pria berpakaian almamater itu adalah perwira polisi yang menyamar menjadi mahasiwa.  

Pemiliik akun menuliskan "Footage wajib ditonton! Seorang perwira nyamar jdi massa aksi pakai almet, dianggap provokatif oleh polisi berseragam Ditangkap & Dipiting Teman sesama non seragam belain sampai pukul2an sama yg berseragam dan teriak ‘itu perwiraku woy’ Apa yg bisa kita simpulkan dr video ini?"

Jangan-jangan sebentar lagi justru pemilik akun yang bakal diamankan.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

Revolusi Akhlak Kiai Juned

25 November 2020

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF