Korea Utara Nihil Kasus Virus Corona
berita
Sumber Foto : ©AFP/Kim Won Jin
03 April 2020 14:15
Watyutink.com – Pemerintah Korea Utara (Korut) sampai saat ini melaporkan nol kasus positif corona di negeri itu. Meski demikian, ini mereka masih mewajibkan karantina terhadap 500 orang, setelah dalam beberapa pekan memulangkan ribuan orang yang tidak menunjukkan gejala mengidap virus corona dari karantina.

Pemerintah di bawah perintah Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un akan terus memperkuat upaya pencegahan virus corona dengan karantian. Meski demikian, tidak menyebutkan apakah dari jumlah orang yang masih dikarantina terdapat warga asing.

Korut sempat melakukan karantina terhadap 380 WNA, dengan tujuan mencegah penularan virus corona. Menurut mereka sampai saat ini hanya tinggal dua WNA yang masih berada di fasilitas karantina.

Pada Maret 2020 lalu Korut memulangkan sejumlah diplomat asing ke Vladivostok, Rusia. Hal itu diduga sebagai bentuk tindakan antisipasi mencegah penularan virus corona.

Sampai saat ini dilaporkan belum ada satupun kasus virus corona di Korut. Namun, pemerintah setempat menyatakan akan terus menggiatkan upaya pencegahan secara nasional.

Korut juga sudah menutup seluruh perbatasan darat dengan China dan melarang kedatangan warga asing. Mereka juga memperketat pengawasan dengan mengerahkan tenaga kesehatan untuk memeriksa kondisi tubuh para penduduk.

Negara tetangga Korea Utara, yakni Korea Selatan mencatatkan 9.976 kasus Covid-19 dan sebanyak 169 orang di antaranya meninggal.

Para ahli di dunia mengatakan Korut sangat rentan terhadap virus karena sistem dan infrastruktur kesehatan yang lemah, dan beberapa pihak berpikir Pyongyang menutupi kondisi negara dari wabah.

Sebenarnya dalam hal seperti ini Korea Utara patut diacungi empol.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF