Ketua KPK Terpilih Dilantik Jadi Kabaharkam Polri
berita
Sumber Foto : menado.tribunnews.com
19 November 2019 16:15
Watyutink.com – Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Firli Bahuri mendapat posisi baru sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Kemanan (Kabaharkam) Polri. Jabatan tersebut sebelumnya dijabat oleh Irjen Condro Kirono. Upacara pelantikan dilakukan pada Selasa (19/11/2019) di Gedung Bareskrim Polri, Jalan Tronojoyo, Jakarta.

Pada acara serah terima jabatan yang dipimpin langsung oleh Kapolri, Jenderal Idham Aziz itu turut dilantik pula Irjen Istiono sebagai Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggantikan Irjen Refdi Andri, Irjen Priyo Widyanto sebagai Kapolda Sumsel menggantikan Irjen Firli Bahuri, dan Irjen Muktiono sebagai Kapolda Kalimantan Timur (Kaltim) yang sebelumnya dijabat Irjen Priyo Widyanto.

Firli diketahui telah terpilih menjadi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini setelah Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) memilih lima nama Pimpinan KPK periode 2019-2023. Saat itu Firli secara aklamasi terpilih menjadi Ketua KPK. Menurut rencana Firli dan kawan-kawan akan resmi memimpin lembaga anti rasuah itu pada Desember 2019.

Saat dimintai keterangan terkait jabatan barunya Firli mengatakan pekerjaan tidak hanya dilihat dari segi waktu. Ia menegaskan perlu dilihat pula bagaimana pekerjaan itu dilakukan, prosesnya dan hasilnya. Diperkirakaan Firli menjabat Kabaharkam Polri hanya sebentar, sampai ia resmi menjadi Ketua KPK.

Firli menjelaskan tugas pokok kabaharkam adalah mewujudkan kamanan dan ketertiban masyarakat. Menurutnya, ke depan tugas tersebut tidak ringan, terutama dalam menghadapi pelaksanaan pemilihan kepada daerah (Pilkada) serentak pada 2020. Sekitar 270 daerah, akan melaksanakan Pilkada. Itulah sebabnya, Baharkam selaku pelaksana utamanya sesuai dengan arahan Kapolri.

Mana mungkin KPK setara dengan Polri jika ketuanya adalah anak buah Kapolri

Tetaplah kritis membaca berita!

(cp)

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Andry Satrio Nugroho

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)

Teguh Santoso, S.E., M.Sc.

Dosen Departemen Ilmu Ekonomi FEB Unpad, Peneliti Center for Economics and Development Studies

FOLLOW US

Aturan Timbulkan Administration Cost, Beban Bagi UMKM                Pelaku Bisnis E-commerce Tak Perlu Berbadan Hukum             Hambat Usaha Kecil Naik Kelas             Investor Tak Terpengaruh Prediksi Ekonomi RI             Moody’s Tak Tahu Jeroan Indonesia             Ada  Gap, Ada Ketimpangan             Prioritas Utama Tingkatkan Pertumbuhan             Dana Desa Berhadapan dengan Kejahatan Sistemik             Pembangunan Desa Tidak Bisa Berdiri Sendiri             Harus Disadari, Korupsi akan Mengikuti Kemana Uang Mengalir