Kepala BNPB Sebut Pohon Ketapang bisa Hambat Tsunami
berita
Sumber Foto: kabar24.bisnis.com
13 January 2019 12:15
Watyutink.com - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo meminta pantai ditanami pohon-pohon untuk menahan tsunami. Ia berharap pohon-pohon itu diperbanyak dan dipadatkan. 

Doni menambahkan keberadaan pohon-pohon tersebut dimaksudkan untuk menahan laju arus ombak. Sehingga jika terjadi gelombang tsunami maka jumlah korban bisa diminimalisir. 

Salah satu pohon yang bisa menjadi alternatif adalah pohon Ketapang. Pohon jenis ini bisa menahan laju arus air hingga 80 persen. Hal ini terbukti dengan adanya sebuah permukiman di daerah Carita yang terlindungi karena di bibir pantainya banyak pohon ketapang. 

Doni pun meminta pemerintah desa mulai membudidayakan pohon ketapang. Dana yang dibutuhkan jauh lebih murah daripada membangun infrastruktur bangunan penahan tsunami. Terlebih saat ini sudah ada dana desa yang dapat dimanfaatkan untuk pembudidayaan pohon ketapang. 

Penyediaan alat pendeteksi tsunami lebih penting pak! 

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Bambang Budiono MS

Pengajar Antropologi Politik Fisip Unair

FOLLOW US

Daerah Perbatasan Harus Outward Looking             Abu Bakar Ba’asyir Digoreng dalam Bungkus Politik             Pemerintah Belum Bisa Disalahkan             Pemerintah Seharusnya Tidak Perlu Terburu-buru             Kapasitas Sumber Daya Lokal yang Menjadi Hambatan             Konglomerasi Media dan Pilpres             Kuatnya Arus Golput: Intropeksi Bagi Parpol             Golput Bagian dari Dinamika Politik             Parpol ke Arah Oligharkhis atau Perubahan?             Melawan Pembajak Demokrasi