Kemendikbud Klaim Bahasa Indonesia Penuhi Syarat Jadi Bahasa Internasional
berita
Sumber Foto : tirto.id
22 February 2020 09:55
Watyutink.com – Bahasa Indonesia dinyatakan sudah sudah memenuhi sebagian besar syarat menjadi bahasa internasional.

Plt Kepala Badan Bahasa Dadang Sunendar menanggapi keinginan Mendikbud Nadiem Makarim menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di Asia Tenggara.

"Pertama, penutur Bahasa Indonesia itu banyak. Angkanya lebih dari 30 juta penutur. Dan bukan hanya di Indonesia tapi di negara lain, mungkin dengan dialek berbeda," ujarnya di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (21/2/2020).

Selain itu, Bahasa Indonesia termasuk salah satu bahasa yang sebenarnya mudah dipelajari oleh orang asing. Untuk itu dalam waktu tiga tahun belakangan ini, pihaknya sudah mengirim 793 pengajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) ke 29 negara.

Kemudian secara politik, sosial dan ekonomi, Indonesia juga termasuk negara yang stabil dalam beberapa tahun belakangan. Ini jadi salah satu syarat penting bahasa negara bisa jadi bahasa internasional.

Nadiem sebelumnya mengatakan target Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud adalah menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di Asia Tenggara.

Bagus kalau bahasa Indonesia bisa jadi bahasa Internasional. Rakyat mana yang nggak mau?

Tetaplah kritis membaca berita! (yed)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ahmad Heri Firdaus

Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF)