Kegiatan di Jakarta Hanya Sampai Jam 9 Malam, Anies Perintahkan Kumpul Lebih 5 Orang Dibubarkan
berita
Sumber Foto : detik.com
19 June 2021 11:40
Watyutink.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan melakukan pembatasan terhadap aktivitas warga ibu kota. Aturan ini disesuaikan dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro yang berlaku di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Saat menghadiri apel pengawasan PPKM Mikro di Lapangan Silang Monas, Jumat 18 Juni 2021, Anies menyatakan semua kegiatan warga Jakarta dibatasi hanya sampai 21.00 WIB atau jam 9 malam. Nantinya petugas akan melakukan pengawasan dan penertiban pelaksanaan aturan tersebut.

Anies meminta warga ibu kota mematuhi aturan PPKM Mikro. Salah satunya dengam tidak membuat kegiatan yang menimbulkan kerumunan. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini menegaskan pihaknya akan membubarkan setiap acara yang memici kerumunan.

Kegiatan yang diikuti lebih dari lima orang akan dibubarkan. Pelakunya juga bakal dikenai tindakan, bahkan sanksi. Itulah sebabnya Anies meminta warga DKI Jakarta membatasi aktivitas di luar rumah. Selain itu juga tidak membuat kegiatan yang bisa menyebabkan kerumunan.

Mantan Rektor Universitas Paramadina Jakarta ini menyarankan warga ibu kota menggunakan hari Sabtu dan Minggu untuk berkumpul dengan keluarga di rumah. Bepergian dilakukan hanya jika ada keperluan yang benar-benar mendesak. Semua upaya tersebut dilakukan demi mencegah penularan Covid-19.

Anies kembali mengingatkan, saat ini Jakarta sedang dalam kondisi genting akibat lonjakan kasus Covid-19. Berdasarkan data Badan Nasional Penangglangan Bencana (BNPB) Jumat 18 Juni 202, total kasus virus corona di Jakarta mencapai 463.552. Pada hari itu terdapat tambahan 4.737 kasus baru.

Jumlah pasien sembuh pada itu bertambah 2.517 orang. Sehingga total pasien sembuh sebanyak 431.004 orang. Sedangkan korban meninggal dunia bertambah 66, sehingga total kasus meninggal akibat Covid-19 sebanyak 7.640 orang.

Anies meminta warga ikut serta dan berperan aktif melakukan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan. Jika ada kerumunan, warga diminta melaporkan melalui aplikasi JAKI. Nantinya aparat akan langsung bertindak. Anies menyebut Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Pemprov DKI Jakarta akan melakukan operasi pendisiplinan tanpa kompromi.

Dirumah saja demi keamanan!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF