Kata DPR, Kemungkinan Listrik Padam Bergilir Hingga Maret
berita
Sumber Foto : antaranews.com
25 January 2021 17:50
Watyutink.com – Ketua Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Faisol Riza menyatakan bahwa ada kemungkinan pemadaman listrik secara bergilir hingga Maret 2021 mendatang. Hal tersebut disebabkan oleh pasokan batu bara tidak stabil.

"Situasi listrik nasional kita hari ini sudah prihatin. Kemungkinan akan ada pemadaman secara bergilir karena pasokan batu bara yang tidak stabil," tulisnya, dikutip Senin (25/1/2020).

Lebih lanjut, dia menjelaskan harga batu bara dan ekspor batu bara sekarang sangat tinggi. Imbasnya, banyak pengusaha lebih memilih menjual batu bara mereka ke pasar luar negeri ketimbang kepada PT PLN (Persero).

Di sisi lain, PLN tidak berani menaikkan harga batu bara dalam negeri karena khawatir mendapatkan sorotan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Di lain pihak ada masalah bencana alam seperti banjir di Kalimantan Selatan, sehingga suplai batu bara menjadi terhambat," jelasnya kepada CNNIndonesia.com.

Oleh sebab itu, ia menyarankan sebaiknya PLN berkonsultasi dengan BPK mengenai peluang menaikkan harga batu bara dalam negeri. Tujuannya, agar para pengusaha mau menjual produk mereka kepada PLN, sehingga kebutuhan batu bara nasional terjaga.

Untuk diketahui, Kementerian ESDM menetapkan harga batu bara (HBA) pada Januari 2021 sebesar US$75,84 per ton. Angka itu naik 27,14 persen dari posisi Desember 2020 yang sebesar US$59,65 per ton.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi menuturkan harga batu bara mulai pulih, khususnya di China. Jatuhnya harga batu bara pada 2020 lalu disebabkan covid-19 sehingga menghambat kinerja industri khususnya di China.

Menurutnya, China punya peran penting dalam mempengaruhi harga batu bara. "Setelah hampir setahun ada keterbatasan aktivitas ekonomi, kini pasar mulai bergerak pulih terutama di China," ujarnya dalam keterangan resmi.

Sampai kapan pembangkit listrik hanya mengandalkan batu bara, padahal masih banyak potensi lain?

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI