Kasus Covid-19 Melonjak, Anies Sebut Jakarta dalam Kondisi Genting
berita
Sumber Foto : merdeka.com
14 June 2021 09:30
Watyutink.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan kondisi Jakarta sedang dalam keadaan genting. Hal ini karena terjadi peningkatan kasus penularan Covid-19 yang terjadi selama sepekan terakhir. Anies mengatakan pihaknya sangat khawatir dengan lonjakan kasus aktif Covid-19 yang cukup tinggi. 

Saat memberikan di Lapangan Blok S, Jakarta Selatan, Minggu 13 Juni 2021 Anies menjelaskan, berdasarkan data pada 6 Juni 2021 angka kasus aktif Covid-19 sebesar 11.500 kasus. Dalam sepekan jumlah itu bertambah 50 persen menjadi 17.400. 

Angka positivity rate di DKI Jakarta juga melonjak dari 9 persen menjadi 17 persen. Padahal kemampuan testing sudah ditingkatkan hingga 8 kali lipat. Namun positivity rate-nya tetap tinggi. Hal ini menurut Anies menunjukkan di luar sana ada peningkatan kasus yang amat signifikan

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini menambahkan tingkat keterisian tempat tidur isolasi atau bed occupancy rate (RS) di rumah sakit rujukan Covid-19 juga mengalami lonjakan. Pada 5 Juni 2021 occupancy rate masih 45 persen. Namun saat ini melonjak jadi 75 persen. Anies menilai, kondisi ini merupakan dampak dari libur Lebaran pada bulan Mei 2021 lalu.

Itulah sebabnya dalam kesempatan tersebut, Anies meminta semula kalangan melakukan pendisiplinan secara kolektif. Masyarakat, penegak hukum, dan pemerintah harus bekerja sama menangani kondisi genting yang saat ini terjadi. 

Caranya, menurut Anies dengan mematuhi protokol kesehatan (prokes). Anies memastikan pihaknya akan menegakkan aturan dan memberikan sanksi tegas bagi pelanggar prokes. Anies menegaskan Pemprov DKI Jakarta tidak akan kompromi terhadap pelanggar prokes. Anies menilai melanggar prokes di masa pandemi adalah tindakan tidak bertanggung jawab. 

Makanya jangan buru-buru gembira padahal bahaya masih ada! 

Tetaplah kritis membaca berita! 

 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF