KUA Tutup Pendaftaran Nikah Cegah Penularan Covid-19
berita
Sumber foto: Kumparan.com
03 April 2020 23:00
Watyutink.com - Kementerian Agama memutuskan untuk tidak membuka pendaftaran nikah di KUA untuk mencegah penularan Covid-19. Namun, pelayanan akad nikah akan tetap diselenggarakan bagi pasangan yang sudah mendaftarkan diri sebelum 1 April 2020.

"Permohonan pelaksanaan akad nikah di masa darurat Covid-19 untuk pendaftar baru tidak dilayani serta meminta masyarakat untuk menunda pelaksanaannya," tulis Kemenag dalam surat edaran Nomor P-003/dj.iii/hK.00.7/04/2020, Jumat (3/4/2020).

"Pelaksanaan akad nikah hanya dilayani bagi calon pengantin yang sudah mendaftarkan diri sebelum tanggal 1 April 2020," lanjutnya.

Pelayanan akad nikah di luar KUA juga akan ditiadakan. Sehingga, masyarakat yang sudah mendaftarkan diri diminta untuk melaksanakan akad nikah di KUA.

"Pelaksanaan akad nikah secara online, baik melalui telepon, video call, atau penggunaan aplikasi berbasis web lainnya tidak diperkenankan," kata Kemenag.

Proses akad nikah di KUA hanya boleh dihadiri maksimal 10 orang saja. Calon pengantin dan keluarga yang hadir harus membasuh tangan dengan sabun atau hand sanitizer dan menggunakan masker. Selama proses ijab, petugas, wali nikah, dan calon pengantin laki-laki harus menggunakan masker dan sarung tangan.

Sabar menanti sampai wabah Covid-19 berlalu. Akan indah pada waktunya.

Tetaplah kritis membaca berita!

(msw)

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF