KKB Bakar SMAN 1 Oksibil di Pegunungan Bintang, Papua
berita
Puing-puing gedung SMAN1 Oksibil. Foto : Antara/HO-Polres Pegunungan Bintang
06 December 2021 08:00
Watyutink.com - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali membuat keonaran. Kali ini kelompok yang sudah mendapat label teroris separatis itu membakar gedung SMA Negeri 1 Oksibil, Pegunungan Bintang, Papua. Pembakaran dilakukan pada Minggu 5 Desember 2021.

Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito dalam keterangannya menduga, pelaku pembakaran adalah anggota KKB   pimpinan Lamek Taplo. Dikutip dari Antara, Senin 6 Desember 2021 Cahyo mengakui adanya video yang beredar di media sosial yang menyatakan pelaku pembakaran adalah anggota KKB.

Dalam video itu pelaku mengaku bertanggung jawab atas pembakaran gedung SMAN 1 Oksibil. Pelaku juga mengancam akan terus melakukan aksinya. Cahyo menuturkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) menemukan adanya
jeriken ukuran lima literan berisi bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite. Kuat dugaan BBM tersebut yang digunakan untuk membakar gedung sekolah.

Cahyo menerangkan, SMAN 1 Oksibil terdiri dari 11 bangunan yang semuanya terbuat dari kayu. Terdapat 2 bangunan yang dibakar, yakni 3 kelas, ruang guru dan kantor sekolah. Diduga bangunan tersebut sengaja dibakar untuk memancing aparat keamanan, karena di sekitar lokasi terdapat jejak-jejak kaki.

Nantinya menurut Cahyo, saat aparat datang ke lokasi kebakaran, anggota KKB akan menembaki dari ketinggian.

Sementara itu Kepala Humas Satgas Nemangkawi Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan tertulisnya Minggu  5 Desember 2021 mengatakan motif pembakaran SMAN 1 Oksibil lantaran KKB tidak suka para pemuda bersekolah. KKB tidak senang pemuda di wilayah tersebut berkembang dan menjadi pintar.

Kamal menerangkan lokasi SMAN 1 Oksibil dekat dengan lokasi penembakan personel TNI di Jembatan Yapimakot Serambakon pada 2020 dan 2021. Hingga saat ini aparat
Polres Pegunungan Bintang masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Apakah masih berniat merangkul dan menganggap KKB saudara?

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF