Jokowi Berikan Gelar Pahlawan kepada Kakek Anies Baswedan
berita
Sumber Foto : tilik.id (gie/watyutink.com)
08 November 2018 16:00
Presiden Jokowi memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh Indonesia yang diterima langsung oleh para ahli waris di Istana Negara, Jakarta, Kamis (8/11/2018). Keenam tokoh tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia.  

Gelar tersebut diberikan Jokowi sesuai dengan Keppres Nomor 123/TK/Tahun 2018 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional. Gelar itu semuanya diterima oleh para ahli waris. Sebelumnya, nama nama yang masuk digodok oleh Tim Peneliti Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) di Kementerian Sosial. Setelah itu, diajukan ke Presiden, hingga dipilih enam nama pada 2018.

Keenam pahlawan nasional tersebut adalah Abdurrahman Baswedan tokoh dari Provinsi DI Yogyakarta, Ir H Pangeran Mohammad Noor tokoh dari Kalimantan Selatan, Agung Hajjah Andi Depu tokoh dari Sulawesi Barat, Depati Amir tokoh dari Bangka Belitung, Kasman Singodimedjo tokoh dari Jawa Tengah, dan Brigjen K.H. Syam'un tokoh dari Banten.   

Sementara itu salah satu ahli waris yang diundang, Anies Baswedan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah atas pemberian gelar pahlawan nasional kepada kakeknya, AR Baswedan. Gunernur DKI Jakarta ini menceritakan kakeknya adalah seorang wartawan yang pernah melalukan misi diplomatik ke Mesir untuk mendapatkan pengakuan atas kemerdekaan Indonesia dari Mesir.

Semoga menjadi inspirasi bagi generasi sekarang.(ysf)

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Nyoman Sudarsa

Ketua DPW KOMBATAN Provinsi Bali

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Kartu Nikah Tidak Diperlukan             Penggunaan Pembayaran Online Harus Memiliki Regulasi             Reformasi Struktural: Darimana Kita Memulai?             Kemenag Perlu Jelaskan Manfaat Kartu Nikah             Focus ke Penetrasi Ekspor Produk Bernilai Tambah Tinggi             Gerindra dan PDIP Diuntungkan pada Pemilu 2019             Darurat, pembenahan Sektor Manufaktur dan Kapasitas SDM (Bagian-1)              Darurat, pembenahan Sektor Manufaktur dan Kapasitas SDM (Bagian-2)             Masih Ada Waktu untuk Perbaharui Komitmen             Penguatan Upaya Pemberantasan Korupsi