Jokowi Berikan Gelar Pahlawan kepada Kakek Anies Baswedan
berita
Sumber Foto : tilik.id (gie/watyutink.com)
08 November 2018 16:00
Presiden Jokowi memberikan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh Indonesia yang diterima langsung oleh para ahli waris di Istana Negara, Jakarta, Kamis (8/11/2018). Keenam tokoh tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia.  

Gelar tersebut diberikan Jokowi sesuai dengan Keppres Nomor 123/TK/Tahun 2018 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional. Gelar itu semuanya diterima oleh para ahli waris. Sebelumnya, nama nama yang masuk digodok oleh Tim Peneliti Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP) di Kementerian Sosial. Setelah itu, diajukan ke Presiden, hingga dipilih enam nama pada 2018.

Keenam pahlawan nasional tersebut adalah Abdurrahman Baswedan tokoh dari Provinsi DI Yogyakarta, Ir H Pangeran Mohammad Noor tokoh dari Kalimantan Selatan, Agung Hajjah Andi Depu tokoh dari Sulawesi Barat, Depati Amir tokoh dari Bangka Belitung, Kasman Singodimedjo tokoh dari Jawa Tengah, dan Brigjen K.H. Syam'un tokoh dari Banten.   

Sementara itu salah satu ahli waris yang diundang, Anies Baswedan menyampaikan apresiasi kepada pemerintah atas pemberian gelar pahlawan nasional kepada kakeknya, AR Baswedan. Gunernur DKI Jakarta ini menceritakan kakeknya adalah seorang wartawan yang pernah melalukan misi diplomatik ke Mesir untuk mendapatkan pengakuan atas kemerdekaan Indonesia dari Mesir.

Semoga menjadi inspirasi bagi generasi sekarang.(ysf)

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Ujang Komarudin, Dr., M.Si.

Pengamat Politik dan Dosen Universitas Al Azhar Indonesia

Nailul Huda

Peneliti INDEF

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

FOLLOW US

MoU KPU-PPATK Jangan Sekadar Aksesoris             MoU KPU-PPATK Jangan Hanya Formalitas             Pemerintah Harus Promosikan Tempat Wisata Terlebih Dahulu             Ketergantungan Minyak Tinggi, Cadangan Menipis             Kepastian Regulasi Sektor Migas             Efektifkan Student Loan Debt             Pemberian Gelar 'Bapak Pembangunan Desa' Wajar             Pasar Domestik Mulai Kontraksi             Pembenahan Ekspor Impor Mulai dari Validasi Data             Pembangunan yang Memandirikan Desa Masih Jadi Tantangan