Jalin Kerja Sama dengan Gapoktan, Pemprov DKI Jakarta Panen Padi di Cilacap
berita
Sumber Foto : jakarta.go.id
17 April 2021 14:58
Watyutink.com - Pemprov DKI Jakarta dikabarkan berhasil melakukan panen padi. Hal ini diketahui saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara panen padi milik Food Station Tjipinang Jaya di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Jumat 15 April 2021. Food Station Tjipinang Jaya adalah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta yang bergerak dibidang penyediaan bahan pangan terutama beras. 

Dalam acara tersebut Anies menyatakan panen padi tersebut adalah hasil kerja sama Food Station dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Sumber Makmur Cilacap yang sudah dijalin sejak 2018. Anies menambahkan kerja sama tersebut adalah bentuk kolaborasi Jakarta dengan daerah, sebagai upaya ibu kota membangun ketahanan pangan.

Anies menerangkan luas areal sawah yang dikembangkan awalnya 250 hektar. Seiring perkembangan lahan yang digunakan semakin berkembang hingga mencapai 850 hektar pada 2020. Diharapkan pada 2021 luas sawah yang digunakan bisa mencapai 1.000 hektar. 

Dari kerja sama tersebut telah menghasilkan rata-rata 5,7 ton per hektar atau secara total menghasilkan 5.700 ton Gabah Kering Panen (GKP). Jumlah itu setara dengan 2.964 ton beras setelah melalui proses penggilingan atau pengolahan. Jenis padi yang ditanam adalah varietas Ciherang, Mentik Wangi, dan Muncul.

Skema kerja sama ini dirasa menguntungkan kedua pihak. Semua hasil panen para petani Gapoktan Sumber Makmur, ditampung oleh Food Station sebagai off taker dengan jaminan harga tertentu. Skema kerja sama contract farming ini bisa memperpendek rantai pengadaan beras BUMD DKI. Akibatnya harga beras di Jakarta bisa tetap terjangkau.

Bagi petani, kerja sama ini membuat mereka tidak dirugikan saat harga gabah jatuh lantaran sudah ada kontrak jangka panjang. Terlebih selama masa tanam pihak Food Station selalu melakukan pendampingan dalam pemilihan varietas padi dan pengelolaan pascapanen.

Anies berharap kerja sama seperti ini bisa  membangun suasana keadilan sosial. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini menyebut masyarakat Jakarta bisa memiliki beras harga terjangkau. Sedangkan petani di Cilacap merasakan peningkatan kesejahteraan.

Program Lumbung Pangan pemerintah pusat gimana kabarnya ya? 

Tetaplah kritis membaca berita! 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF