Jadikan Thailand Basis Produksi, Nissan Motor Pamit dari Indonesia
berita
Sumber Foto: youtube.com - soren channel
30 May 2020 18:45
Watyutink.com - Salah satu pabrik mobil asal Jepang, Nissan, secara resmi undur diri dari Indonesia. Dalam keterangan resminya, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menyatakan menutup pabrik perakitannya di Purwakarta, Jawa Barat pada Kamis (28/5/2020). Produsen mobil terbesar kedua di Jepang itu memilih fokus pada pabriknya di Thailand yang akan menjadi basis produksi tunggal di ASEAN. 

CEO Nissan, Makoto Uchida, dalam konferensi pers secara virtual mengatakan penutupan pabrik di Indonesia terkait dengan rencana transformasi demi memastikan pertumbuhan yang stabil. Selain di Indonesia, Nissan juga menutup  pabrik perakitan di Barcelona, Spanyol. Selanjutnya, pabrik Nissan di Sunderland, Inggris, akan menjadi basis produksi untuk Eropa.

Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi, mengatakan penutupan pabrik di Indonesia sudah direncanakan sejak Maret 2020. Namun teknis penutupan baru diumumkan sekarang. PT NMI nantinya akan fokus pada penjualan dan layanan purnajual. PT NMI tidak lagi mengurusi produksi dan perakitan mobil.

Sementara itu Head of Communication Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani memastikan perusahaan akan tetap melayani para konsumen setianya. Terlebih hingga saat ini PT NMI masih memasarkan beberapa model seperti Nissan Livina, Nissan X-Trail, Nissan Evalia, Nissan Teana, Nissan March, Nissan Terra, hingga Nissan Serena. 

Sebelumnya, pabrik Nissan di Purwakarta, Jawa Barat, memang sudah lama tidak memproduksi mobil merek Nissan. Pabrik itu sempat memproduksi mobil Nissan Grand Livina. Namun, setelah peluncuran Livina generasi terbaru, kembaran Mitsubishi Xpander, pabrik itu hanya memproduksi mobil Datsun.

Pada Maret 2020, Nissan secara resmi menghentikan produksi dan penjualan mobil Datsun. Sedangkam mobil Nissan Grand Livina  diproduksi di pabrik Mitsubishi sebagai bagian dari aliansi global antara Nissan dan Mitsubishi.

Mengapa nggak dijadikan pabrik Esemka saja?

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF