Investasi di Luar Jawa Mencapai Rp113,8 Triliun
berita
Sumber Foto: Antara
27 July 2021 15:20
Watyutink.com – Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia melaporkan realisasi investasi yang masuk di luar pulau Jawa sepanjang periode April hingga Juni 2021 sebesar  Rp113,8 triliun. Angka ini tumbuh 24,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu tercatat hanya Rp91,3 triliun.

“Kemudian perintah Presiden ke kami sejak kami jadi kepala BKPM waktu itu, memerintahkan agar mendorong investasi yang inklusif jangan mengurus yang besar besar saja, UMKM harus diurus dan jangan hanya urus investasi di pulau jawa dan luar jawa. Kami konsisten jalankan itu," kata Bahlil saat Konferensi Pers, Selasa (27/7/2021).

Sementara itu, realisasi investasi di Pulau Jawa sebesar Rp 109,2 triliun, lebih rendah dari investasi di luar pulau Jawa. Adapun secara keseluruhan investasi di pulau Jawa selama semester I-2021 tercatat Rp214,53 triliun dan investasi di luar Jawa mencapai Rp228,23 triliun.

Bahlil menyampaikan guna mendongkrak kembali investasi di luar pulau Jawa, pemerintah telah mengatur beberapa strategi. Pertama memberikan insentif yang lebih menarik kepada investor yang akan menanamkan modal di luar Jawa.

Kedua, Kementerian Investasi akan membantu investor dalam menyelesaikan beragam kendala yang dihadapi saat akan merealisasikan investasinya meliputi perizinan dan memberikan rasa aman terkait kondisi stabilitas politik dalam negeri.

“Selesaikan persoalan-persoalan mereka, izin diselesaikan dan berikan rasa keyakinan dan stabilitas politik keamanan disana agar mereka berjalan. Strateginya kita harus datangi satu satu kita yakinkan mereka kasih insentif, kasih izin, jangan ada palak-palak, kalau perusahaan datang sudah palak duluan ya susah mereka datang ke daerah," ucap Bahlil.

“Terkait persoalan luar Jawa, strategi yang dibuat, dari awal saya sampaikan bahwa pikiran Presiden tentang transformasi ekonomi harus dilakukan hilirisasi dan hilirisasi selama ini mereka bangun hanya mohon maaf daerah daerah yang infra sudah bagus di pulau Jawa," ucap Bahlil.

Bagus kalau bisa merata perkembangan dan pembangunannya.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF