Indonesia Kemungkinan Bakal Gunakan Rapid Test Antigen
berita
Sumber Foto : pikiran-rakyat.com
30 September 2020 09:45
Watyutink.com – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan ada kemungkinan Indonesia menggunakan rapid test antigen virus corona seperti yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Adapun rapid test antigen disebut dapat mengeluarkan hasil Covid-19 hanya dalam beberapa menit.

"Tentunya alat ini bisa digunakan di Indonesia sesuai yang direkomendasikan WHO dan bisa menggantikan rapid test antibodi," kata Wiku, Selasa (29/9/2020).

Wiku menambahkan, fungsi screening rapid test antigen dapat lebih efektif dan tidak menjadi beban untuk tes swab PCR sebagai standar penegakan diagnosa kasus baru.

Sebelumnya, Organisasi Penyakit Menular Baru Amerika Serikat (IDSA) menentang penggunaan rapid test antibodi sebagai bahan rujukan seseorang terinfeksi virus corona.

Rapid test antibodi sebelumnya kerap digunakan untuk pengujian cepat dengan mengambil sampel darah pasien. Darah pasien diambil untuk mengecek apakah ada antibodi yang muncul akibat perlawanan tubuh terhadap virus corona.

Sementara itu, rapid test antigen dinilai lebih akurat untuk mengetahui apakah seseorang terpapar virus corona. Antigen dapat terdeteksi ketika ada infeksi yang sedang berlangsung di tubuh seseorang.

Karena itu, rapid test antigen dapat mendeteksi keberadaan antigen virus corona pada orang yang sedang mengalaminya.

Sebenarnya, menggunakan apa saja asalkan akurat dan terpenting bagaimana cara memutus rantai penyebaran pandemic ini sangat penting.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

Revolusi Akhlak Kiai Juned

25 November 2020

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF