Indonesia Jadi Pengimpor Baja Terbesar Ketiga di Dunia, Jokowi Kaget
berita
Sumber Foto : kompas.com
14 February 2020 14:53
Watytutink.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku kaget dengan kondisi indsutri baja nasional. Pasalnya dari data yang ada, Indonesia adalah negara pengimpor baja terbesar ke tiga sedunia. Padahal baja dan besi adalah industri strategis nasional yang sangat penting untuk mendukung pembangunan infrastruktur.

Saat memberikan keterangan di Jakarta, Rabu (12/2/2020) Jokowi mengatakan besarnya jumlah impor baja tentu saja menjadi salah satu tumber utama defisit neraca perdagangan dan transaksi berjalan pemerintah. Jokowi menekankan, kondisi semacam ini tidak boleh dibiarkan terus. Terlebih saat ini baja impor sudah bisa diproduksi di dalam negeri.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan, membanjirnya baja impor telah mengganggi industri baja dalam negeri. Utilitas baja dalam negeri menjadi  sangat rendah. Padahal pemerintah sedang berupaya mendorong industri baja dan besi lokal agar semakin kompetitif. Kapasitas produksi harus semakin ditingkatkan.

Jokowi juga menekankan perbaikan manajemen korporasi dan pembaharian teknologi permesinan industri baja. Mantan Wali Kota Surakarta ini menyebut, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) baja wajib melakukan hal itu.

Menurut Jokowi ada tiga hal utama yang harus dilakukan , yakni meningkatkan ketersediaan bahan baku. Pasalnya, berdasarkan laporan yang diterima, industri baja dan besi mengalami kendala akibat kurangnya bahan baku. Kestabilan harga bahan baku juga harus dijaga, termasuk komponen lainnya, seperti harga gas.

Bahan baku dari hasil tambang dalam negeri menurut Jokowi perlu diprioritaskan. Sehingga bisa meningkatkan nilai tambah industri dalam negeri. Selain itu juga bisa membuka lapangan kerja. Jokowi memintan instansi terkait melakukan pengkajian secara cermat terkait beberapa regulasi yang mengatur importase. Hal ini agar tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan hidup.

Kok baru sekarang kagetnya pak, lha emang yang mengizinkan baja impor siapa?

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Tauhid Ahmad

Executive Director INDEF

Agus Herta Sumarto

Peneliti INDEF

Deniey Adi Purwanto

Peneliti INDEF