Gowes di Luar Jalur Sepeda Bakal Masuk Penjara 15 Hari
berita
Sumber Foto : kontan.co.id
08 August 2020 14:28
Watyutink.com - Penggermar sepeda atau goweser tampaknya harus lebih berhati-hati dalam menyalurkan hobinya. Pasalnya ke depan, pesepeda harus berjalan di jalur yang telah ditentukan. Jika melanggar ancaman sanksi denda atau kurungan siap menanti. 

Kepala Sub-Direktorat Keamanan dan Keselamatan Direktorat Lalu Lintas (Kasubdit Kamsel Ditlantas) Polda Metro Jaya, AKBP Herman mengatakan, pihaknya bersama Pemprov DKI Jakarta saat ini tengah menggodok aturan bagi pesepeda di Ibu Kota. 

Herman menjelaskan dalam salah satu aturan yang dibahas adalah keharusan goweser bersepeda di jalur yang telah ditentukan. Jika keluar jalur, pesepeda bakal dikenakan sanksi denda Rp100.000 atau hukuman penjara 15 hari. 

Saat peluncuran buku panduan pesepeda bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Jumat 7 Agustus 2020, Herman menuturkan saat pesepeda keluar jalur, hal ini sudah masuk dalam aspek yuridis. Herman menegaskan konsekuesinya adalah sanksi denda atau pidana. Aturan itu kini masih dalam proses sosialisasi dan pembahasan Peraturan Gubernur.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo membenarkan pihaknya tengah menyiapkan aturan lebih detail bagi pesepeda di DKI Jakarta. Hal ini menurut Syafrin sesuai dengan rencana pembangunan jangka menengah DKI Jakarta.

Syafrin menjelaskan, ke delan arah pembangunan Ibu Kota akan berubah. Semula menggunakan car oriented development (COD) menjadi transit-oriented development (TOD). Syafrin menuturkan, TOD adalah pengembangan kawasan urban yang memaksimalkan jumlah ruang hunian, kawasan bisnis dan tempat hiburan dengan jarak yang dekat dari akses transportasi umum.

Nantinya pesepeda akan dibagi dalam fungsi sebagai alat transportasi warga mulai dari rumah ke tempat kerja. Sepeda difungsikan sebagai alternatif transportasi menuju dan setelah menggunakan angkutan umum. Itulah sebabnya, sepeda menjadi satu kesatuan dari pengembangan yang dilaksanakan di Jakarta. 

Sebaliknya pemotor yang masuk jalur sepeda sanksinya apa pak? 

Tetaplah kritis membaca berita! 

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF