Dudung Bakal Rekrut Santri Jadi Prajurit TNI
berita
Sumber Foto : Puspen TNI
02 December 2021 15:45
Watyutink.com – Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Dudung Abdurahman mengatakan bahwa dirinya berencana untuk merekrut prajurit tamtama hingga perwira dari kalangan santri.

Alasan merekrut prajurit TNI dari kalangan santri itu karena seorang santri sudah mempunyai bekal pendidikan akhlak.

"Saya akan merekrut prajurit baik tamtama maupun perwira ini khusus para santri. Kenapa saya merekrut ini, karena saya yakin kalau dari pesantren, yang sudah dididik agama sudah pasti terjaga masalah akhlak," kata Dudung, Kamis (2/12/2021).

Menurut Dudung, secara khusus santri memiliki keahlian tafsir. Dudung mengatakan, hal ini berpedoman kepada 8 wajib TNI.

8 wajib TNI itu yakni bersikap ramah tamah terhadap rakyat. Kemudian bersikap sopan santun terhadap rakyat. Selanjutnya menjunjung tinggi kehormatan wanita. Menjaga kehormatan diri di muka umum.

Lau senantiasa menjadi contoh dalam sikap dan kesederhanaannya. Tidak sekali kali merugikan rakyat. Tidak sekali kali menakuti dan menyakiti hati rakyat. Dan terakhir menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

"Ini bisa dilakukan kalau akhlak itu bagus. Kalau kepribadiannya itu bagus," terang dia.

Dudung menaruh harapan besar kepada para prajurit dari latar belakang santri. Dia menyakini, mereka mampu menjadi prajurit yang berakhlak dan mampu menghadapi berbagai situasi.

"Mereka lebih tertata di dalam komunikasi khsususnya di dalam bertingkah laku," ujar dia.

Selain itu, kata Dudung, rencana ini salah satu cara mewujudkan cita-cita Panglima TNI. Bahwasanya, TNI harus lebih sayang dan cinta kepada rakyat. "Karena kita berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Ke depan saya akan lakukan seperti itu," tandas dia.

Yups, membuka kesempatan untuk semua kalangan adalah langkah yang baik.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF