DPR Sahkan RUU Perkawinan
berita
Sumber foto: tribunnews.com
16 September 2019 16:30
Watyutink.com - DPR mengesahkan Rancangan UU Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan menjadi Undang-undang. Hal tersebut disampaikan dalam rapat paripurna yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/9/2019).

Sebelumnya, Badan Legislasi (Baleg) DPR bersepakat melakukan revisi terbatas terkait Pasal 7 ayat 1 UU Perkawinan tentang batas usia minimal pernikahan. Kini, laki-laki dan perempuan baru diperbolehkan melangsungkan perkawinan minimal telah berusia 19 tahun kecuali mendapat dispensasi berdasarkan putusan pengadilan.

Seperti diketahui, revisi tersebut muncul menyusul adanya putusan Mahkamah Konstitusi terkait batas usia pernikahan dalam UU Perkawinan pada Desember 2018. Batas usia minimal yang diatur Pasal 7 ayat 1 UU Perkawinan sebelumnya adalah, laki-laki berusia 19 tahun dan perempuan berusia 16 tahun.

Lama juga, ya, nunggu disahkan. Beda kalau mengangkut kepentingan politik, serba kilat!

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Fithra Faisal Hastiadi, Dr., S.E., MSE., M.A

Direktur Eksekutif Next Policy, Dosen FEB UI

Yahya Agung Kuntadi, Ir., M.M.

Kepala Kantor UGM Kampus Jakarta, Institute of Research and Community LPPM UGM

Eko Listiyanto

Peneliti INDEF (Institute for Development of Economics and Finance)

FOLLOW US

Tidak Pada Tempatnya Meragukan Data BPS             Harus Disadari, Ada Akar Masalah yang Tidak Diselesaikan             Sektor Konsumsi Harus Tetap Didorong             Data Angka Konsumsi dan Investasi Masih Menunjukkan Peningkatan             Rakyat Harus Diuntungkan dalam Jangka Pendek             Jangan Kejar Target Pembangunan Fisik Saja             Kemampuan Investasi dalam Menyerap Tenaga Kerja Semakin Rendah             Sektor UKM Masih Bisa Diandalkan             Masih Harus Banyak Dilakukan Pembenahan             Tantangan Besar Meningkatkan Tenaga Kerja Menjadi SDM Berkualitas