DKI Jakarta Keluar dari Zona Merah Covid-19
berita
Sumber Foto : covid19.go.id
02 March 2021 11:55
Watyutink.com - Kabar gembira bagi warga ibu kota. Pasalnya DKI Jakarta telah keluar dari zona merah atau wilayah risiko tinggi penularan Covid-19. Berdasarkan peta risiko yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 pada 21 Februari 2021, semua kota administrasi di DKI Jakarta sudah tidak lagi berada di zona merah indonesia.

Padahal dalam laporan yang dirilis peta risiko pada 14 Februari 2021, lima wilayah kota administrasi di DKI Jakarta masih berada di zona merah. Peta risiko tersebut diperbaharui secara berkala setiap pekan.

Dikutip dari Peta zona risiko tersebut dipublikasikan melalui situs covid19.go.id, Senin 1 Maret 2021,  secara umum zona merah di Indonesia turun drastis. Saat ini hanya tersisa 16 kabupaten/kota yang masih berada di zona merah. Sebelumnya pada 14 Februari 2021 masih terdapat 44 kabupaten/kota yang masih berada di zona merah.

Dalam rilis tersebut, 28 kabupaten/kota yang berhasil keluar dari zona merah. Selain di DKI Jakarta, kabupaten/kota yang sudah keluar dari zona merah berada di Jawa Timur, Papua, Maluku, Kepulauan Bangka Belitung, hingga Kalimantan Timur.

Hingga 21 Februari 2021, kabupaten/kota yang masih berasa di zona merah adalah:

Sulawesi Selatan: Kota Palopo
Nusa Tenggara Timur: Kota Kupang
Nusa Tenggara Barat: Kota Mataram

Kalimantan Tengah: Gunung Mas dan Kota Palangkaraya

Kalimantan Selatan: Kota Baru

Jawa Tengah: Banyumas, Purbalingga, Klaten

Jawa Barat: Kota Bekasi

DI Yogyakarta: Kulon Progo dan Bantul

Bali: Kota Denpasar, Badung, Gianyar, Bangli

Meski zona merah sudah turun, jumlah daerah zona oranye atau risiko sedang justru mengalami peningkatan. Hingga 21 Februari 2021 wilayah yang masuk zona oranye berjumlah 389 kabupaten/kota. Padahal pada 14 Februari 2021 jumlahnya 359 kabupaten/kota.

Penurunan terjadi pada zona kuning atau risiko rendah. Pada 21 Februari 2021wilayah dengan zona kuning berjumlah 95 kabupaten/kota. Jumlah ini turun 1 wilayah dibanding data sebelumnya. Sementara itu untuk zona hijau atau zona aman tanpa kasus berjumlah 11 kabupaten/kota yang masuk zona tersebut. Sedangkan zona yang tidak terdampak terdapat 3 kabupaten/kota.

Alhamdulillah, semoga segera masuk zona hijau.

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

TOPIK TERPOPULER

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF

Abdillah Ahsan, Dr., S.E, M.S.E.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas indonesia, Peneliti Lembaga Demografi FEB UI