Bulog Minta Satgas Pangan Sikat Pengoplos Beras
berita
Sumber Foto : kora-rada-banyuwngi.blogspot.com (gie/watyutink.com)
08 November 2018 14:00
Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso dan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman meminta Satgas Pangan memperketat pengawasan peredaran beras di sejumlah daerah. Pasalnya saat ini ada indikasi beras medium dioplos menjadi beras premium. Buwas menyampikan hal itu saat meninjau Pasar Induk Kramat Jati dan Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur pada Kamis (8/11/2018).

Kecurigaan Buwas berawal dari adanya laporan stok medium di pasar tidak sesuai dengan jumlah yang telah dikeluarkan Bulog.  Dilain pihak stok beras premium yang beredar di masyarakat saat ini mencapai 80 persen. Akibatnya masyarakat dari ekonomi bawah sulit mendapatkan harga beras medium yang murah.

Sampai hari ini stok beras di Bulog mencapai 2,7 Juta ton. Sebanyak  550.000 ton diimpan di luar gudang Bulog. Buwas berharap operasi pasar yang dilakukan setiap hari dapat menyerap setidaknya 15.000 ton per hari.

Sementara itu, Ketua Satgas Pangan, Irjen Pol Setyo Wasisto menyebutkan pihaknya akan semakin mengawasi peredaran beras terhadap tindakan-tindakan pengoplosan. Setyo menegaskan pihaknya akan mengawasi peredaran beras di lapangan ke laboratorium agar beras medium dan premium sesuai kriteria dan kualitasnya masing-masing.

Ini hajat hidup orang banyak pak, pihak yang mencoba ‘bermain-main’ harus disikap habis. (ysf)

Tetaplah kritis membaca berita!

SHARE ON
OPINI PENALAR

PILIHAN REDAKSI

close

PENALAR

PILIHAN REDAKSI

PENALAR TERPRODUKTIF

Gigin Praginanto

Pengamat Kebijakan Publik, Wartawan Senior

Nyoman Sudarsa

Ketua DPW KOMBATAN Provinsi Bali

Christianto Wibisono

Analis Bisnis/ Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI)

FOLLOW US

Kartu Nikah Tidak Diperlukan             Penggunaan Pembayaran Online Harus Memiliki Regulasi             Reformasi Struktural: Darimana Kita Memulai?             Kemenag Perlu Jelaskan Manfaat Kartu Nikah             Focus ke Penetrasi Ekspor Produk Bernilai Tambah Tinggi             Gerindra dan PDIP Diuntungkan pada Pemilu 2019             Darurat, pembenahan Sektor Manufaktur dan Kapasitas SDM (Bagian-1)              Darurat, pembenahan Sektor Manufaktur dan Kapasitas SDM (Bagian-2)             Masih Ada Waktu untuk Perbaharui Komitmen             Penguatan Upaya Pemberantasan Korupsi