Bobol Situs Sekretariat Kabinet, Hacker Sebut Indonesia Sedang Tidak Baik
berita
Sumber Foto : screenshot situs Setkab
01 August 2021 08:35
Watyutink.com - Situs resmi Sekretariat Kabinet (Setkab) dikabarkan menjadi korban peretasa oleh seorang peretas atau hacker yang mengaku bernama Zyy Ft Lutfifake. Akibatnya pada Sabtu 31 Juli 2021 situs www.setkab.go.id tidak bisa menampilkan informasi seperti biasa. 

Situs tersebut saat diakses hanya menampilkan foto peserta demonstrasi yang tengah memegang bendera Merah Putih di tengah tembakan gas air mata. Foto tersebut diambil saat terjadi aksi demonstasi menolak revisi Undangan-undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) di depan Gedung DPR, Oktober 2019 silam. 

Tidak ada pilihan atau informasi apa pun di situs resmi Setkab. Hacker hanya menuliskan narasi tentang kekacauan tengah terjadi di tanah air. Menurutnya Indonesia sedang tidak baik-baik saja.

Hacker itu merujuk pada kebijakan pemerintah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Keputusan pemerintah yang mengharuskan warga tinggal di rumah justru membuat masyarakat stres dan depresi. Peretas menyebut penguasa menikmati dunianya sendiri dengan gaji yang mengalir setiap hari. Ia pun mempertanyakan, di mana keadilan di negara ini?

Asisten Deputi Bidang Humas dan Protokol Setkab Said Muhidin dalam keterangannya menyatakan untuk sementara situs resmi Setkab di-takedown. Saat memberikan keterangan, Sabtu 31 Juli 2021, Said menyebut pihaknya akan segera melakukan proses maintenance kembali
 
Hingga Minggu 1 Agustus 2021 pukul 09.00 WIB, situs www.setkab.go.id masih belum bisa diakses. Namun foto demonstran pembawa bendera Merah Putih juga tidak ada. Hanya ada tulisan, "Kami akan segera kembali! Mohon maaf untuk ketidaknyamanannya, saat ini kami sedang melakukan update sistem.

Bagaimana bisa menang perang digital kalau situs lembaga negara saja begitu mudah dibobol. 

Tetaplah kritis membaca berita! 

SHARE ON
OPINI PENALAR
close

PENALAR

PENALAR TERPRODUKTIF